Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Singapura Berjaya di Cannes

Kompas.com - 27/05/2013, 20:29 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com --  Anthony Chen mengukir namanya dalam sejarah perfilman dunia setelah dinobatkan sebagai sutradara Singapura pertama yang memenangkan Camera d'Or untuk film Ilo Ilo, dalam ajang Cannes Film Festival 2013.

Camera d'Or merupakan penghargaan untuk Best First Feature Film. Kategori ini  diberikan untuk sutradara yang pertama sekali menggarap film bioskop dengan durasi minimal 60 menit atau lebih.

Chen tidak mampu menyembunyikan kekagetannya ketika namanya disebut sebagai penerima penghargaan. "Saya masih shock, tidak pernah menyangka akan menang," ujarnya.

Bagi Chen ini merupakan suatu kebanggaan bagi Singapura untuk memenangkan penghargaan di ajang festival sekelas Cannes. Ilo-Ilo berhasil menyisihkan 18 film unggulan lainnya. Sejak pertama sekali diputar, Ilo-Ilo sudah menuai banyak pujian dari kritikus film.

Chen sendiri mendapat standing ovation usai pemutaran film tersebut. Dia dinilai merupakan sutradara muda bertalenta yang akan bersinar dalam beberapa tahun ke depan. Ilo-Ilo bersettingkan tahun 1997 ketika terjadi krisis finansial yang menghantam kawasan Asia Tenggara termasuk Singapura.

Film ini memotret hubungan antara sebuah keluarga dengan pembantu rumah tangganya yang berasal dari Filipina. Krisis finansial memperburuk hubungan kedua insan manusia itu dan lika-liku bagaimana mereka saling hidup berdampingan menjadi pusat cerita.

Chen, yang meneteskan air mata kebahagiaan saat menerima penghargaan, menjelaskan hal yang paling menyentuh hatinya adalah bagaimana penonton asing dapat memahami dan tersentuh dengan kisah sebuah keluarga biasa di Singapura.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong ikut mengucapkan selamat melalui laman Facebooknya. "Selamat Anthony, kamu menjadi kebanggaan bagi insan film Singapura" tulis Lee.

Salah satu pemenang Camera d'Or adalah Beast of the Southern Wild, yang menang tahun lalu. Film ini kemudian mendapat empat nominasi pada Oscar 2013 termasuk kategori Artis Terbaik untuk Quvenzhane Wallis yang menjadi wanita termuda yang dinominasikan (usia 9 tahun).  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com