Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Dajal" di Album Terbaru Iwan Fals

Kompas.com - 25/06/2013, 23:19 WIB
Irfan Maullana

Penulis



JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah judul lagu dalam album terbaru musisi Iwan Fals begitu membuat penasaran siapa pun yang membacanya. Pasalnya, vokalis, yang juga pencipta lagu itu, menamakan nyanyiannya dengan judul "Dajal Net".

Diceritakan Iwan, pemberian judul tersebut bermula dari obrolan ringan bersama gitaris Totok Tewel. "Ini obrolan saya sama Totok Tewel. Awalnya, 'Kamu tahu enggak Dajal itu seperti apa? Itu kan matanya satu'," cerita Iwan dalam peluncuran album Raya di Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013).

Lanjut Iwan, bahan obrolan tersebut tercipta lantaran ketika itu dirinya sedang asyik belajar berselancar di dunia maya. "Jadi waktu itu saya baru belajar, diajarin sama Ketua OI (Orang Indonesia) soal internet itu apa. Ternyata di situ ada semua, dari Quran sampai apa," papar Iwan.

Akhirnya Iwan pun memahami fungsi internet hingga dampak negatifnya. "Suatu ketika sampai di stasiun biasanya ada preman, tapi kok tiba-tiba sepi. Ke mana preman-preman ini semua, enggak tahunya pada di pojok pada nunduk semua main internet," kisah Iwan.

Dari situ Iwan akhirnya terinspirasi untuk mencipta nyanyian yang berjudul "Dajal Net". "Jangan-jangan ini Dajal. Karena gadget kalau kita enggak manfaatin yang bermakna itu berbahaya sekali. Tapi karena internet ini saya jadi bisa baca Quran. Belajar Iqra lagi," urai Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com