Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Karakter Afgan di "K-20 Spesial"

Kompas.com - 08/07/2013, 21:47 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Konser K-20 Spesial, yang disiarkan langsung secara multiplatform, bakal kembali digelar. Kali ini konser tersebut akan menampilkan vokalis Afgansyah Reza, yang akan dikawal alunan orkestrasi nan megah dari Magenta Eleven Orchestra dan ditayangkan langsung dari Balai Sarbini, Jakarta, pada 11 Juli 2013 mulai pukul 21.00 WIB.

Di edisi Konser K-20 Spesial kali ini, pelantun lagu "Terima Kasih Cinta" itu akan ditampilkan dalam empat karakter berbeda. "Karakter Teenage Pop Icon, siapa yang enggak kenal Afgan. Lalu Motown Gentleman yang menjadi karakter Afgan ketika dia memakai jas hitamnya. Kemudian Religious Pop Star akan mewakili Afgan sebagai penyanyi yang kalem dan baik-baik. Terakhir, dengan charming dan senyumannya yang bikin perempuan histeris, maka karakter Prince Fairytale menjadi karakter keempat Afgan," kupas produser Konser K-20 Spesial KompasTV, Desy Arsianty, saat berbincang di Studio Orange KompasTV, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Sejak kemunculannya kali pertama, karakter vokal Afgan yang khas membawanya menjadi salah satu ikon muda di belantika musik Indonesia. Hingga 2013, sedikitnya Afgan telah menghasilkan tiga album dan satu mini album, yang di antaranya banyak yang menjadi lagu-lagu hit di Indonesia.

Ketepatan Afgan memilih lagu-lagu hit, semakin memantapkan karakternya sebagai penyanyi bersuara melankolis. "Dengan karakter vokalnya, Afgan mampu membuat pendengar nyanyiannya 'berdarah-darah'. Karena itu walaupun dia baru tiga album dan ditambah satu mini album, rasanya dia pilihan yang pas untuk Konser K-20 Spesial bulan ini," kata Desy.

Semangat Afgan dalam bermusik dan berkarya sangat berpengaruh bagi para fan fanatiknya yang disebut juga dengan Afganisme. Anggota Afganisme tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, melainkan juga berasal dari luar negeri seperti Singapura yang menjadi salah satu contohnya.

"Terima Kasih Cinta", "Bukan Cinta Biasa", dan "Pesan Cinta" adalah beberapa nomor dari 16 lagu yang akan dibawakan. Selain itu, di antaranya terdapat pula lagu-lagu yang bertemakan religi seperti "PadaMu Ku Bersujud" dan "Pencari JalanMu".

Tak ketinggalan sejumlah kolaborasi dari musisi besar lainnya, seperti pianis yang juga komposer Andi Rianto dari Magenta Orchestra akan turun tangan langsung mengawal nyanyian Afgan. "Yang spesial kali ini Andi Rianto akan bermain piano untuk Afgan. Biasanya kan hanya Magenta Eleven saja. Andi akan mengaransemen lagu-lagu patah hati milik Afgan menjadi sebuah lagu mash-up yang grande," papar Desy.

Selain itu, dalam program musik yang berdurasi dua jam, dalam sembilan segmen, Afgan akan berkolaborasi juga dengan vokalis Raisa, Maudy Ayunda, Rayi (RAN), Tulus, Monita Tahalea, dan Coboy Junior, yang turut memeriahkan Konser K-20 Spesial Afgan.

Penasaran? Semuanya akan tersaji secara multiplatform dalam Konser K-20 Spesial Afgan yang disiarkan langsung dari Balai Sarbini, Jakarta pada Kamis 11 Juli 2013 mulai pukul 21.00 WIB di KompasTV.

Pemirsa dapat menyaksikan Konser K-20 Spesial Afgan melalui live streaming di Kompas.com dengan halaman khusus live.kompas.com/k20 dan dapat didengarkan juga di 97,5 FM Motion Radio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com