Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amitabh Bachchan Dijuluki Aktor Terbesar Bollywood

Kompas.com - 27/07/2013, 16:43 WIB
BOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Aktor Amitabh Bachchan dinobatkan sebagai bintang Bollywood terbesar dalam jajak pendapat yang diadakan di Inggris dalam merayakan 100 tahun perfilman India.

 
Penghargaan yang diterima aktor lawas multitalenta ini berdasarkan hasil penilaian dari para kritikus, penggemar, dan orang-orang perfilman India dalam survei bertajuk 100 Greatest Bollywood Stars  yang diterbitkan Harian Bristish Asian
 
Survei dilakukan melalui kombinasi penilaian responden melalui media sosial, angka di box office , dampak sinematik, dan pujian kritis. Di sepanjang kariernya selama 40 tahun, Bachchan sudah banyak menelurkan film-film berstandar blockbuster. Sebut saja, Sholay  dan Deewar.

Bachchan disebut-sebut mampu menjembatani kesenjangan antara Bollywood dan TV dengan membawakan program acara game show populer Kaun Banega Crorepati.
 
 Pria yang mendapat julukan Big B oleh para penggemarnya ini juga mendapat kehormatan sebagai bintang Bollywood pertama yang sosoknya dijadikan patung di Madame Tussauds. Baru-baru ini Big B juga didaulat mewakili India sebagai pembawa obor Olimpiade di Olimpiade London 2012.
 
 Bintang perfilman India yang juga masuk dalam daftar 100 Greatest Bollywood Stars  adalah Dilip Kumar di posisi kedua dan menyusul di bawahnya Shah Rukh Khan. Sedangkan peringkat keempat ada aktris perempuan Madhuri Dixit.
 
 "Saya bangga menjadi bagian dari itu dan saya juga bangga menjadi bagian dari seluruh gerakan di mana bioskop semakin baik dan kami mencoba untuk melakukan sesuatu yang berbeda," kata Madhuri.
 
 "Ini luar biasa bisa berada di sana, tetapi juga dilengkapi dengan rasa tanggung jawab yang besar di pundak saya di mana saya harus menjadi lebih baik lagi ketika melakukan sesuatu. Jadi saya menyukainya dan saya mencintai apa yang saya lakukan," tambahnya.
 
 Artis lain yang berhasil berada di 10 besar ialah Raj Kapoor (5), Nargis (6), Dev Anand (7), Waheeda Rehman (8), Rajesh Khanna (9), dan Sridevi (10).
  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com