Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didiek SSS: Kris Biantoro Bilang, Ini Ulang Tahun Terakhirnya

Kompas.com - 13/08/2013, 18:16 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain saksofon Didiek SSS mengungkapkan bahwa ia mendapat firasat akan berpulangnya pembawa acara, aktor, dan penyanyi Kris Biantoro.

"Om Kris Biantoro sudah saya kenal sekali dan saya itu punya firasat. Pas kemarin ulang tahun ke-75, kami kumpul di rumah makan Jepang, nyanyi bareng pas 17 Maret (2013). Pokoknya, ada Kris Biantoro, Koes Hendratmo, saya, terus ada Januar Iskak, Agus Edward, Tamam Husein bapaknya Nina Tamam," cerita Didiek saat berbincang di kediaman Kris di Kompleks Bukit Permai, Jalan Bromo Blok K/8 dan K/9, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (13/8/2013) sore.

Dalam acara penuh suka cita ketika itu, Didiek mendadak tertegun mendengar ucapan Kris. "Dia bilang gini, 'Ini ulang tahun saya yang terakhir, belum tentu tahun depan kita ketemu lagi'," kisah Didiek. "Batin saya bilang, 'Duh kok malah ngomong gini.' Saat itu, pas dia ngomong gitu, enggak ada anak-istrinya, cuma kami berenam, sahabat-sahabatnya," lanjutnya.

Setelah merayakan ulang tahun ke-75 Kris, Didiek kembali bertemu dengan pria yang sudah dianggap sebagai ayah angkatnya tersebut ketika Koes Hendratmo mengundang mereka ke rumah barunya.

"Pertemuan saya terakhir itu pas 6 Juli (2013), pas Koes Hendratmo pindahan, tapi dia (Kris) cepat-cepat pulang karena harus cuci darah dua kali sehari. Dia sudah 38 tahun cuci darah sendiri, terakhir-terakhir ini dia lakukan sendiri, ada alatnya," kata Didiek.

Kabar duka tiba-tiba sampai ke Didiek, Kris meninggal dunia di rumahnya, Selasa (13/8/2013), pukul 13.30 WIB.  "Nah, terakhir ini di rumah cuma ada pembantunya, Mbak Jum namanya. Jam 12.00 itu dia main burung, dia suka kasih makan burung. Dari situ, tiba-tiba lemas, terus panggil tetangganya karena cuma berdua. Ternyata, sampai di rumah sakit dia sudah enggak ada, (meninggal) di rumah, karena pas manggil ambulans juga lama datangnya," tutur Didiek.

Bagi Didiek, Kris merupakan seniman sejati. "Dia orang yang punya prinsip banget, dia seniman sejati sebenarnya. Walaupun terlihat keras, dia sebenarnya rendah hati," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com