Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Swingle Singers ke Jakarta Lagi

Kompas.com - 22/08/2013, 20:29 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah pertunjukan musik berkualitas dari artis internasional peraih lima Grammy Award, The Swingle Singers, akan digelar di Jakarta pada Minggu, 1 September 2013. Konser yang merupakan bagian dari All Things Swingle 50th Anniversary Indonesia Tour itu menjadi bagian dari peringatan 50 tahun perjalanan karier The Swingle Singers, yang akan mengambil tempat di Aula Simfonia Jakarta.

Selain tampil dalam konser mereka itu, The Swingle Singers juga akan memberi sesi Masterclass kepada sejumlah kelompok vokal dan paduan suara di Indonesia pada Sabtu, 31 Agustus 2013.

"Kami siap menghibur para penonton di Jakarta. Terakhir kali kami datang, mereka sangat antusias. Maka itu, kami menyambut senang tawaran Ottava Promotor untuk dapat tampil lagi di Jakarta dalam rangka peringatan 50 tahun usia kelompok kami," ujar The Swingle Singers melalui siaran pers yang diterima oleh Kompas.com di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

The Swingle Singers, yang pernah datang ke Jakarta pada Desember 2012, menuai tanggapan positif soal konser mereka tahun lalu.

"Mengagumkan usaha mereka mempertahankan warna Swingle. Terdengar fasih sekali mereka membawakan repertoar yang membawa Swingle ke tangga lagu teratas di era 1960 dan 1970-an, dan melegenda. Juga menarik mengamati usaha mereka dengan karya-karya dan idiom original tanpa masuk terlalu jauh ke mainstream a cappella yang menjamur. Tinggal waktu yang memutuskan mana yang tetap abadi," puji konduktor Budi Utomo.

"The Swingle Singers menempatkan seni suara dalam arti yang sebenar-benarnya. Apa yang mereka suguhkan lazim disebut sebagai musik vokal, genre musik yang menempatkan seni suara sebagai fokus utama. Teknik vokal super, kontrol nada. yang prima, adalah pesona mereka. Pecahan sampai tujuh suara menghasilkan paduan yang indah. Mereka memiliki apa yang disebut perfect pitch, kepekaan meniti nada-nada dengan sempurna. Kehadiran The Swingle Singers di Jakarta menjadi penanda bahwa musik serius telah mendapat ruang lebih layak di negeri ini. Itu artinya selera publik makin dihargai, di tengah sodoran musik yang mendangkalkan selera," tulis jurnalis dari surat kabar Kompas Frans Sartono.

Grup asal London (Inggris) ini sudah melegenda di dunia a cappella. Sejak album debut mereka dirilis pada 1963, grup yang terdiri dari delapan orang virtuoso (lengkap dengan seksi ritme vokal masing-masing) ini telah tampil di berbagai pentas terkenal dunia, serta mampu memertahankan popularitas mereka di tingkat internasional selama lebih dari empat dekade, jauh melebihi impian sang pendiri, Ward Swingle.

The Swingle Singers memiliki repertoar yang sangat bervariasi, mulai dari pop, rock, jazz, latin hingga klasik; dari La Scala hingga Ronnie Scotts, dari soundtrack film Sex and the City hingga  Glee, dan semua bunyi dihasilkan murni hanya dari vokal manusia. Grup ini telah meraih lima Grammy Award dan merilis lebih dari 50 rekaman.

Selain mendominasi panggung hiburan Inggris tahun lalu, serangkaian tur konser telah membawa grup ini melintasi berbagai tempat, dari Eropa, AS, Kanada, dan Rusia, hingga Jepang dan Hongkong. Selama hampir lima dekade, grup ini telah mencipta standar kelincahan vokal berkualitas prima.

Deretan penyanyi muda berbakat dalam formasi terkini Swingle Singers tetap menghadirkan suara Swingle yang sangat khas, serta mendorong batasan inovasi bermusik tanpa menghilangkan tradisi tulen kelompok 1960-an tersebut. Pencitraan Swingle Singers masa kini adalah muda, seksi, berbakat, berkomitmen membawa aneka varian a cappella kepada dunia.

Dijadwalkan, Masterclass akan diselenggarakan di Kapel Agape Reformed Millenium Center, Jalan Industri Blok B14 Kav. 1 Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2013, pukul 10.00–13.00 WIB. Harga tiket peserta aktif: Rp 3.500.000 per grup untuk Small Choir dan Rp 5.000.000 per grup untuk Mixed Choir, sedangkan harga tiket peserta pasif Rp 200.000 per orang.

Untuk pertunjukannya, dijual empat kelas tiket--Bronze Rp 350.000, Silver Rp 600.000, Gold Rp 1.200.000, dan Platinum Rp 1.750.000 ( bonus satu CD The Swingle Singers).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com