Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Senayan, Film India "Kahaani" Dapat Sambutan Hangat

Kompas.com - 25/09/2013, 16:43 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pada Selasa (24/9/2013), hari kedua dari enam hari Indian Film Festival: 100 Years Indian Cinema, yang diadakan di Jakarta, film Kahaani menjadi sajian tontonan yang tak bisa dilewatkan oleh para penyuka film India. Buktinya, Studio 8 XXI Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2013) malam, hampir penuh terisi oleh mereka yang penasaran dengan karya sutradara, penulis naskah, dan produser Sujoy Ghosh tersebut.

Para peserta kegiatan nonton bareng dari dua komunitas, Kompas Forum dan Kompasiana, satu per satu mengisi bangku-bangku dalam ruang pemutaran film yang dirilis secara internasional pada 2012 itu. Popcorn dan minuman ringan dalam kemasan seperti biasa menjadi teman mereka dalam menikmati petualangan Vidya Bagchi, yang dimainkan oleh aktris India Vidya Balan.

Vidya Bagchi, seorang perempuan yang tampak sedang hamil tujuh bulan, dari London (Inggris) pergi ke Kalkuta (India) untuk mencari suaminya, Arnab Bagchi, yang hilang dua tahun lalu bersamaan dengan peristiwa serangan gas beracun di sebuah kereta yang menewaskan banyak penumpang. Ia dibantu oleh Satyaki "Rana" Sinha (dimainkan oleh Parambrata Chatterjee) dan Khan  Selama 120 menit para penonton diajak menyimak thriller berbahasa Hindi yang dilengkapi teks terjemahan ke bahasa Inggris itu. Pada bagian akhir film peraih tiga penghargaan dari National Film Awards 2013 dan lima penghargaan dari Filmfare Awards 2012 tersebut, terungkap siapa Vidya Bagchi sebenarnya.

Sambutan hangat berupa tepuk tangan sambil berdiri atau standing aplause dari para penonton menjadi puncak kegiatan nonton bareng itu. Seperti sudah diberitakan oleh Kompas.com, Kahaani hadir sebagai film yang menawarkan cerita yang menarik, akting yang baik dari setiap pemainnya, budaya dan filsafat India serta gambaran sebuah kota.

Sinematografi jelas sangat berperan di sini. Bukan saja dalam penyajian gambar-gambar pemandangan kota, melainkan juga ketika memertontonkan konflik yang dialami dalam diri Vidya, sebagai perempuan hamil yang kehilangan suami dan harus menempuh berbagai kesulitan demi mencari jawab terhadap setiap misteri yang ia hadapi.

Layaknya dalam film bergenre thriller lain, dalam Kahaani setiap info mengundang misteri baru yang perlu dipecahkan, senatiasa membawa ke kelokan yang tak terduga, dan membuat penonton ikut menduga-duga, ada apa sebetulnya di balik pencarian suami yang hilang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com