Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Barry Likumahuwa untuk Pemusik Pahlawannya

Kompas.com - 29/09/2013, 17:29 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nama J Dilla mungkin asing terdengar di telinga umumnya publik Indonesia. Namun, pemain bas Barry Likumahuwa, yang ditunjuk menjadi Music Director untuk L.A. Lights Music Project: J Dilla's Delight, akan membuat para penonton Java Soulnation Festival 2013 bergoyang sambil mengenali lagi karya-karya J Dilla. J Dilla's Dlight akan dipentaskan pada hari ketiga alias terakhir Soulnation 2013, 6 Oktober, di Istora Senayan, Jakarta.

James Dewitt Yancey alias J Dilla merupakan salah satu produser hip hop dari AS yang sangat dihormati dan menginspirasi banyak orang. Tak hanya para pemusik hip-hop yang menyukai karya-karyanya, banyak juga pemusik jazz yang terinspirasi oleh karya-karyanya. Barry pun mengaku, sehari-hari ia suka mendengarkan karya-karya J Dilla.

J Dilla meninggal dunia pada 10 Februari 2006 dalam usia 32 tahun. Oleh karena itu, Barry membuat J Dilla's Delight sebagai pertunjukan penghormatan atas karya-karya dari salah satu pemusik pahlawannya tersebut.  

"Karya-karya dari J Dilla banyak didengar orang, tapi orang-orang tersebut tidak pernah tahu kalau itu sebetulnya karya-karyanya.  Bahkan, musisi seperti Common, De La Soul, Qtip, Mos-Def, Talib Kweli, Erykah Badu, D'angelo, The Roots, dan Amp Fiddler adalah sebagian besar musisi yang diproduseri J Dilla," jelas Barry dalam wawancara di Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2013).  

Barry mengatakan akan menyajikan pertunjukan menarik yang memadukan penampilan DJ dengan live music. Karya-karya J Dilla menjadi mediumnya.

"Kami bikin extension dari DJ yang pakai vinyl itu jadi band. Kurang lebih satu jam, 12 lagu nyambung terus. Pokoknya, kayak orang lagi nikmatin musik di klab," terang Barry.

Kata Barry lagi, karya-karya J Dilla yang biasanya hanya dinikmati dalam penampilan DJ akan ditampilkan lebih atraktif dengan dukungan sejumlah artis musik, antara lain, Rafi The Beat and The Urbanology Crew, yang ditambah dengan pemain terompet dan brass section

"Untuk vokal akan ada dua rapper yang ikut membantu, salah satunya Kyriz Boogiemen," terang Barry lagi.  

Menurut Barry, mungkin itu merupakan konsep yang berbeda, dan mungkin yang pertama di Indonesia, untuk menyajikan karya-karya J Dilla.

"Karena, baru pertama kali ada yang membuat konsep seperti ini untuk membawakan karya-karya J Dilla," ujarnya. "Karya-karya dia bikin goyang banget. Sejak dia muncul, era DJ berubah banget," sambungnya. "Malah, 10 tahun belakangan, gue emang tumbuh dengan lagu-lagu dia. Pas Barry ngajakin, ya senang banget," timpal Raffi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com