Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pin dan Selendang, Alat Tukar Budaya Nadine Chandrawinata

Kompas.com - 12/10/2013, 12:35 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setiap kali bepergian ke daerah wisata, artis peran yang juga model Nadine Chandrawinata selalu menyiapkan pin dan selendang khas Indonesia untuk dijadikan alat tukar budaya dengan para pelancong asal luar negeri.

"Suvenir dari Indonesia pasti saya bawa pin dan selendang Indonesia karena kalau saya nginap di resor, pasti ketemu orang-orang dari luar (negeri)," kata Nadine dalam wawancara usai jumpa pers Lomba Video Kreatif Rakyat di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2013).

Dengan alat barter itu, Puteri Indonesia 2005, yang juga Duta Wisata, ini bisa saling mengenal budaya yang dibawa oleh para pelancong. "Jadi, bisa buat barteran, bisa mengenal budaya masing-masing lewat suvenir," jelas pemandu tayangan Hidden Paradise, di KompasTV, ini.

Mengabadikan pengalaman perjalanannya juga menjadi sesuatu yang tak akan dilewatkan oleh Nadine. "Kamera berbagai jenis selalu saya bawa agar tidak kehilangan momen, baik di darat ataupun di lautan," kata Nadine lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com