Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prisia Nasution Nikmati Hidup Tanpa Sinyal

Kompas.com - 16/10/2013, 16:47 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Masuk ke dalam rimba Bukit Dua Belas, Jambi, artis peran Prisia Nasution (29) langsung kehilangan komunikasi dengan dunia luar lantaran di sana telepon genggamnya kehilangan sinyal. Namun, bagi pemeran sosok penulis buku dan pengajar Butet Manurung dalam film Sokola Rimba ini, hal tersebut justru dinikmatinya.

"Enggak ada sinyal HP (handphone) itu asyik. Ada alasan untuk enggak balas e-mail atau apa. Seru deh pokoknya. Dan, di rimba itu jadi enggak peduli jam, enggak peduli hari," cerita Pia dalam peluncuran buku Sokola Rimba karya Butet Manurung dan pemutaran cuplikan filmnya, di Toko Buku Gramedia Pondok Indah Mall 1, Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2013).

Dengan kondisi di sana, yang jauh dari kata modern, Pia mendapat banyak pelajaran dari kearifan Orang Rimba di Bukit Dua Belas, itu. "Begitu kembali ke kota, baju, perhiasan, yang jadi kebutuhan primer ternyata di sana enggak perlu. Banyak sekali pelajaran yang bisa didapat," ujar Pia.

Selain itu, Pia jadi lebih mengenal Orang Rimba, yang selama ini sering dinilai bodoh. "Banyak orang yang enggak paham, banyak orang yang bilang mereka orang bodoh. Tapi, pas di sana mereka benar-benar santun sekali dan saya enggak terancam. Mereka jauh lebih pintar dan beradat dari orang-orang yang hidup di kota," tekan Pia.

Kalau pun ada hal tak enak yang dirasanya, ungkap Pia, paling-paling hanya "mabuk" sebagai efek samping dari meminum obat anti malaria. "Pengalamanku yang di hutan itu enggak ada dukanya, kecuali mabok obat malaria," ujar Pia lalu tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com