Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pembunuh Tak Berupa" Berjaya di Maroko

Kompas.com - 18/11/2013, 22:36 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Suci Haryati (38) mengharumkan nama Indonesia melalui International Association of Woman in Radio & TV (IAWRT) di Casablanca, Moroko, 26 Oktober 2013. Suci adalah seorang kreatif program televisi, radio, penulis lepas di berbagai media dan meraih penghargaan Dokumenter Radio Terbaik di ajang tersebut. Karyanya yang meraih penghargaan berjudul Pembunuh Tak Berupa (The Silent Killer).

"Di episode ini saya menyampaikan kisah tentang dua orang ibu (satu penderita kanker payudara & leher rahim) dan dua perempuan muda yang pernah merawat ibu dan ibu mertua mereka yang menderita kedua jenis kanker," kata Suci sebagaimana dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dalam dokumenter itu Suci coba menggambarkan bagaimana pengaruh kanker payudara dan leher rahim bagi perempuan. Dengan meraihnya penghargaan tersebut, Suci menjadi orang dan wanita pertama dari Asia yang meraih penghargaan tersebut.

"Tentu saja ini sebuah kebanggaan buat saya dan juga masyarakat Indonesia meraih penghargaan di pentas Internasional. Sebagai wanita pertama dari Indonesia bahkan Asia penghargaan ini menjadi dorongan semangat saya untuk terus berkarya," lanjutnya.

Dokumenter ini menggambarkan pengaruh kedua jenis kanker ini bagi seorang perempuan dalam membuat keputusan-keputusan penting dalam hidupnya sebagai istri dan ibu

Selain Suci ada pula penghargaan kehormatan 1, yang diberikan kepada Breaking the Silence karya Maya  Friedler dan Marilyn Campbell (Amerika). Penghargaan kehormatan 2 diberikan kepada Indu Ramesh (India) untuk Forest Women in Exile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com