Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hugh Jackman Kena Kanker Kulit

Kompas.com - 24/11/2013, 15:40 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Aktor Hugh Jackman mengatakan bahwa dirinya sempat menjalani perawatan karena menderita penyakit kanker kulit. Ia mengunggah foto yang menampakkan batang hidungnya berplester.

Aktor nomine Piala Oscar ini menasihati para pengikutnya di situs mikroblog Twitter agar segera memeriksakan noda yang mencurigakan di kulit dan selalu memakai tabir surya.

"Deb menyarankan supaya noda di hidung saya diperiksa," tulisnya pada akun Twitter-nya, merujuk kepada istrinya, Deborra-Lee Furness.

"Ya ampun, dia benar! Saya ternyata menderita Basal cell carcinoma. Jangan bertindak bodoh seperti saya. Periksakan diri. Dan PAKAI tabir surya!!!" tulisnya lagi, disertai tautan ke situs unggah foto Instagram yang memuat foto hidungnya.

Tak dijelaskan secara rinci apakah kanker itu sudah sembuh sekarang atau kapan mulanya kanker itu terdeteksi. Seorang juru bicaranya, Alan Nierob, juga tidak memberi keterangan lain selain apa yang sudah diungkap dalam kicauan di Twitter itu.

Basal cell carcinoma (BCC) merupakan jenis kanker kulit paling umum. Seperti dikutip oleh AFP, The American Academy of Dermatology (ADD) menyebut, biasanya penyakit ini muncul dengan tanda bercak di kulit akibat paparan sinar matahari seperti di kepala, leher, dan belakang telapak tangan, tetapi paling sering muncul di hidung dan wajah manusia. Orang yang kerap memakai bahan penggelap kulit memiliki risiko terjangkit lebih besar.

"Kanker jenis ini tumbuh lambat. Jarang menyebar ke bagian tubuh lain," terang AAD dalam pernyataan di situs web-nya. Namun, tetang AAD lagi, perawatan "sangat penting karena BCC bisa berkembang meluas dan dalam, bahkan menghancurkan lapisan kulit dan tulang".

Jackman, yang ternama ke seluruh dunia karena perannya sebagai manusia setengah serigala Wolverine dalam seri X-Men serta Wolverine (2013), dinominasikan untuk penghargaan Oscar tahun lalu. Ketika itu ia ambil bagian dalam film musikal Les Miserables.

Ia relatif jarang masuk kolom gosip miring selebriti Hollywood dan bahkan beberapa kali menerima penghargaan dari industri hiburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com