Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GIGI: Biaya Produksi "Live Recording at Abbey" Setara 10 Album

Kompas.com - 07/02/2014, 16:20 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dani Pette, manajer band GIGI, tak menyebut dengan gamblang besar biaya produksi album Live Recording at Abbey di Abbey Road Studios, London, Inggris. Tapi, Dani mengatakan, untuk album tersebut, grup yang terdiri dari Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Erhandy atau Hendy (drum) itu telah menghabiskan uang yang setara dengan biaya produksi 10 album mereka biasanya.

"Susah sih ya, kami minta jadwalnya lama banget (sebelum rekaman), kebetulan kami ada teman di Universal (perusahaan rekaman), yang ada link ke sana. Dan, itu pun dapat harinya susah. Budget-nya, kalau dihitung, gue bisa buat 10 album," ujar Dani dalam jumpa pers peluncuran single "Tak Lagi Percaya" dari album Live Recording At Abbey, di kantor POS Manajemen, Jalan Tebet Dalam IV, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2014) malam.

"Ya ini termahal buat GIGI," timpal Armand.

Meski berangkat dengan modal uang yang cukup, perjalanan GIGI ke Abbey Road tidaklah mudah. Menurut Thomas, tak semua band di dunia berkesempatan untuk rekaman di studio yang juga pernah melejitkan band legendaris asal Liverpool, Inggris, The Beatles, itu.

"Memang kami bayar dan dari si bule-bulenya itu mereka servisnya profesional banget. Sebelumnya, mereka minta data kami, apa sih value-nya buat mereka, karena Abbey Road itu ibarat museum musik dunia," papar Thomas.

Live Recording At Abbey menjadi album terkini GIGI, setelah kali terakhir mereka merilis album pada tiga tahun lalu atau ketika band itu merayakan ulang tahun yang ke-17.

"Memang sudah lama kami enggak keluar album, terakhir pas umur 17 tahun. Di usia ke-20, GIGI ada tantangan dari manajemen POS, kami membuat album dengan budget yang sekarang tidak masuk akal. Akhirnya kami rekaman di Abbey Road, dengan harapan energi GIGI keluar lagi," kata Armand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com