Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Hollywood Shirley Temple Telah Tiada

Kompas.com - 12/02/2014, 12:17 WIB
WOODSIDE, KOMPAS.com -- Legenda Hollywood, mantan bintang cilik Shirley Temple, meninggal dunia di kediamannya di Woodside, California, AS, pada Senin (10/2/2014) waktu setempat, dalam usia 85 tahun.

Dengan rambut ikal pirang yang memesona dan menggemaskan, dia menjadi salah satu bintang yang populer pada era 1930-an. Film-filmnya yang terkenal, antara lain, Annie, Bright Eyes, dan film pertamanya, Stand Up and Cheer.

Setelah pensiun dari film pada 1950, dalam usia 21 tahun, Temple kembali menjadi sorotan sebagai politisi dan diplomat.

Ketika meninggal dunia, Temple berada di tengah keluarganya. "Dia dikelilingi oleh keluarganya dan perawat," terang pihak Temple.

Temple, yang lahir pada 23 April 1928 di Santa Monica, California, menjadi bintang utama dalam film pertamanya, Stand Up and Cheer (1934), dalam usia tiga tahun. Cara ia menyanyi, menari, dan berakting merebut banyak penggemar di seluruh dunia. Ia mendapat piala Oscar pada 1935. Sampai hari ini ia masih menjadi orang termuda yang pernah mendapat Academy Award. Ia telah membintangi 43 film sepanjang kariernya.

Dengan julukan America's Little Darling (Anak Kesayangan Amerika), ia menempati posisi bintang Hollywood paling menarik selama empat tahun dari 1935 sampai 1938. Penampilan terkenalnya adalah ketika ia menyanyikan lagu "On the Good Ship Lollipop" dalam film Bright Eyes.

Film-filmnya yang lain, sebut saja, Curly Top, The Littlest Rebel, Baby Take a Bow, dan Little Miss Marker.

Ia terkenal ketika Presiden Franklin Delano menjulukinya Nona Kecil Ajaib dan ia mendapat penghargaan dengan menyelamatkan perusahaan film 20th Century Fox dari kebangkrutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com