Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorce Gamalama: Idris Sardi Pernah Batuk Parah Ketika Tampil

Kompas.com - 28/04/2014, 14:16 WIB
Irfan Maullana

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Penyanyi dan artis peran Dorce Gamalama (50) mengaku pernah melihat maestro biola Idris Sardi (75) batuk parah ketika tampil di Hotel Indonesia, Jakarta, suatu ketika. Idris, yang meninggal dunia pada Senin (28/4/2014), pukul 07.25 WIB, di Rumah Sakit Meilia Cibubur, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, menurut pihak keluarganya menderita penyakit paru semasa hidupnya.

"Saya lupa kapan, tapi saya pernah lihat Om Idris main, batuk. Dari situ saya tanya Santi (anak sulung Idris), 'Gimana kabar Papa?' Kata dia, kabarnya baik," cerita Dorce dalam wawancara, ketika jenazah Idris dishalatkan di Masjid Al Hidayah, Perumahan Bumi Cimanggis Indah, Jalan Raya Pekapuran, Cimanggis, Senin (28/4/2014).

Menurut Dorce, mendiang ayah kandung artis peran Lukman Sardi tersebut sudah sering terbatuk-batuk.

"Dia memang ada (penyakit) paru, sudah lama. Sering batuk juga ya," kata Dorce. "Dulunya Om Idris merokok, dulu banget ya. Terus dia berhenti," lanjutnya.

Santi menerangkan, sejak Sabtu lalu (26/4/2014), kondisi ayahnya memburuk dan ia dirawat di Rumah Sakit Meilia Cibubur.

"Banyak slam, sesak gitu. Sebenarnya dari Desember, lalu makin lemas. Sabtu masuk sini, tadi pagi drop, tiba-tiba jantungnya enggak bisa berfungsi. Pukul 07.25 WIB, suster bilang sudah enggak ada (meninggal)," tutur Santi di RS Meilia, Depok, Jawa Barat, Senin (28/4/2014). 

Santi mengatakan, pihak keluarga Idris tidak menyebar kabar mengenai kondisi memburuk Idris itu. Mereka ingin Idris beristirahat sepenuhnya dan tak terganggu oleh orang atau hal lain. 

"Dia diam saja dan sempat drop. Sebenarnya dia masuk rumah sakit memang sudah lama, tapi kami sengaja tidak memberi tahu orang banyak. Karena, kalau kebanyakan ngobrol, dia suka kecapekan," tutur Santi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com