Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Baru U2 Gratis di iTunes

Kompas.com - 10/09/2014, 15:12 WIB
CUPERTINO, KOMPAS.com -- Sesudah lima tahun tak mengeluarkan album, U2, band rock kawakan asal Irlandia, akhirnya merilis album baru. Album berjudul Songs of Innocence itu telah ditawarkan untuk dinikmati secara gratis bagi 500 juta pengguna layanan iTunes dari Apple di 119 negara, termasuk Indonesia.

Kejutan itu diumumkan pada Selasa (9/9/2014) waktu setempat, dalam sebuah acara di Flint Center, Cupertino, California, AS, di mana Tim Cook, CEO Apple, merilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus serta smartwatch baru keluaran perusahaan tersebut.

U2 juga tampil secara live pada acara itu.

Vokalis U2, Bono, menggambarkan album yang berisi 11 lagu tersebut sebagai album yang luar biasa.

"Album paling personal yang pernah kami tulis itu bisa dibagi dengan setengah miliar orang, dengan cara menyentuh 'send'," ucap Bono. "Andai penulisan lagu semudah itu," lanjutnya.

Album yang lalu dari U2, No Line on the Horizon, menduduki puncak tangga-tangga album di Inggris pada 2009 dan akhirnya melampaui angka penjualan lima juta copy di seluruh dunia. Namun, Bono ketika itu mengatakan bahwa ia kecewa atas respon terhadap album tersebut dan menuturkan kepada Guardian pada tahun itu bahwa ia takut konsep album merupakan spesies yang hampir punah.

U2 dikenal karena menghasilkan sejumlah album terkenal pada 1980-an dan awal 1990-an, termasuk The Joshua Tree dan Achtung Baby. Sebelum ini, masih pada tahun ini, muncul spekulasi bahwa band itu sedang merencanakan sebuah album baru. Namun, rilis gratis album Songs of Innocence pada acara peluncuran produk-produk terkini Apple tersebut tak terduga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com