Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank: "Revolusi Bunga" Penghargaan kepada Perempuan Indonesia

Kompas.com - 28/09/2014, 21:19 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun setelah menggelar konser premium I Slank You-The Journey of The Blue Island, Kaka (vokal), Bimbim (drum), Abdee (gitar), Ridho (gitar) dan Ivan (bas) kembali manggung secara eksklusif dalam konser "Revolusi Bunga: Generasi Wangi" di Potato Garage, SCBD, Jakarta Selatan, pada 5 November 2014.

Pertunjukan ini menjadi sebuah penghargaan Slank kepada perempuan di negeri ini sebagai refleksi "Bunga Indonesia".

"Selama ini Slank idenya, gerakannya, lagu-lagunya dari perempuan-perempuan, dari pacar, dari istri, dari Bunda. Terus, kalau Oppie (vokalis Oppie Andaresta) enggak ketemu kami buat dukung Jokowi mungkin kami enggak bergerak (dalam Revolusi Mental). Ini giliran kami mendedikasikan konser untuk bunga Indonesia," kata Bimbim dalam jumpa pers konser "Revolusi Bunga: Generasi Wangi", di Lucky at the Sky, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (24/9/2014).

Sudah menjadi rahasia umum kalau selama 30 tahun ini lagu-lagu Slank selalu identik dengan perempuan. "Mawar Merah" adalah salah satunya.

Namun, menurut Kaka, ketika Slank merilis lagu di luar tema perempuan, para kaum hawa di sekitar mereka tetap terlibat dalam beberapa proses kreatif band berlogo kupu-kupu tersebut.

"Kalau lirik mengenai perempuan itu persenannya enggak terlalu banayk. Tapi kalau perempuan di sebelah kami, mereka selalu ada kasih input, meski enggak masuk dalam lirik mereka selalu kasih input," kata Kaka.

Lebih luas, Slank menyadari bahwa perempuan Indonesia memiliki posisi yang strategis. "Khususnya membangun pribadi berkualitas mulai dari lingkup keluarga, komunitas, kehidupan profesional dengan kariernya, dan masyarakat. Melalui perempuan lahirlah generasi bangsa yang wangi," tutur Bimbim.

"Revolusi Bunga: Generasi Wangi" yang juga akan menjadi konser 30 tahun berdirinya band yang bermarkas di Gang Potlot III, Kalibata, Jakarta Selatan, itu rencananya melibatkan perempuan-perempuan yang memiliki pengaruh dalam perjalanan karier Slank.

"Kami banyak berkenalan sama orang dan itu nanti akan ceritain detail. Pokoknya nanti semua yang pernah membantu Slank bakal kami libatin," kata Bimbim.

"Ada spesial nampilin musisi perempuan," timpal Ivan.

"Kami akan mengajak kolaborasi perempuan. Di luar skenario nanti wow ada orang hebatnya," sambung Bimbim.

Dalam konser itu Slank akan menyuguhkan 20 lagu dalam repertoarnya. "Insya Allah kami akan bawain sekitar 20 lagu," kata Ivan.

"Aransemen pasti berbeda," tambah Ridho.

Tak sebatas itu, konser ini juga akan menjadi penampilan intim kali pertama Slank dengan para penggemarnya.

"Kapasitas memang kalau dibandingin dengan Ritz Carlton kemarin (I Slank You-The Journey of The Blue Island pada 2012) itu memang lebih kecil. Kapasitas sekitar 2.000 orang, untuk kemegahan belum megah, tapi kami intimate konser yang Kaka lagi nyanyi orang bisa datang cekrek foto (selfie bareng)," kata Priambodo Soesetyo, Program Director Konser "Revolusi Bunga: Generasi Wangi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com