Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lola Amaria Bawa Revolusi Mental ke Hongkong

Kompas.com - 21/10/2014, 13:55 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Lola Amaria baru saja kembali usai menghadiri undangan The Asian Consortium 2014 di Hongkong. Sutradara ‘Sanubari Jakarta’ itu dipilih karena dianggap sebagai pembicara dan tokoh muda yang dianggap berkontribusi dalam dunia film.

“Saya diundang sebagai filmmaker untuk menyampaikan pandangan saya tentang berbagai perubahan sosial, baik di Indonesia maupun di Asia. Ada 100 peserta dan 50 pembicara dari 15 negara. Saya dipilih sebagai tokoh muda di bawah 40 tahun yang berkontribusi dalam dunia sosial lewat film,” ujarnya saat duhubungi wartawan, Selasa (21/10/2014).

Sebagai pembicara, Lola mengutarakan pendapatnya tentang sebuah film. Menurut Lola, film bisa menjadi sarana yang baik dalam menyampaikan kritik sosial, salah satunya menyampaikan revolusi mental.

“Saya menyampaikan bahwa perubahan sosial itu perubahan mindset dan budaya. Dan itu harus berlangsung terus-menerus. Dalam istilah Pak Jokowi, itu revolusi mental. Salah satu caranya adalah menjadikan film sebagai medium untuk menyebarkan virus perubahan sosial,” lanjutnya.

The Asian Consortium 2014 adalah lembaga sosial yang memiliki jaringan kuat di kalangan pengusaha, inovator sosial, pemerintahan, aktivis dan intelektual. Lembaga yang berpusat di Hongkong ini setiap tahun memberikan kesempatan pada pemikir dan inspirator muda di asia untuk menyampaikan gagasannya tentang perubahan sosial yang digelutinya.

Selain mengundang Lola, acara yang diadakan tiap tahun ini juga menghadirkan dua pembicara yang matang di dunia film, yakni Kieron Boyle dari Inggris dan Kevin Lynch dari Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com