Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kahitna Pun Ikut Festival Jazz di Pantai

Kompas.com - 01/12/2014, 13:45 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Berangkat dari semangat mengenalkan keindahan alam dan keragaman budaya kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dan sebagai bagian dari Banyuwangi Festival, Banyuwangi Beach Jazz Festival atau Jazz Pantai akan diselenggarakan lagi tahun ini, yaitu pada 6 Desember 2014 di Pantai Boom.

BritAma Banyuwangi Beach Jazz Festival, yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi  bekerja sama dengan Bank BRI sebagai sponsor utama, tahun ini mengangkat tema kekayaan budaya pesisir Nusantara. Menurut penyelenggara festival tersebut, budaya pesisir merupakan simbol keterbukaan yang mencerminkan kejujuran identitas. Hal itu, masih menurut penyelenggara festival itu, selaras dengan budaya jazz, yang mengandung keterbukaan, kejujuran berekspresi, dan keberagaman.

"Kami sangat menghargai dan bangga dapat berpartisipasi di acara yang mengangkat kebudayaan lokal daerah, hal ini dalam rangka turut serta melestarikan kebudayaan Indonesia. Bank BRI dan penyelenggara mengerti betapa pentingnya eksistensi sebuah kebudayaan yang menjadi identitas suatu daerah di tengah era globalisasi seperti sekarang," kata Executive Vice President Bank BRI, Firman Taufick, dalam siaran pers yang diterima oleh Kompas.com.

Dalam festival yang berslogan "Gulung Ombak, Jazz Bersemarak" itu, Kua Etnika featuring Trie Utami, Tohpati & Friends, dan Kahitna akan tampil tahun ini. Selain itu, sebagaimana pada tahun pertama dan tahun kedua penyelenggaraannya, tahun ini di panggung akan ada suguhan kerja sama antara pemusik jazz dengan seniman lokal sebagai jembatan untuk menggali kearifan lokal melalui pendekatan musik dan untuk memberi pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi para penonton. Kali ini Djaduk akan tampil bareng puluhan pemain perkusi Kentulan, sinden, dan pemain biola.

Cak Lontong dan Insan Nur Akbar, yang merupakan dua artis komedi dari Jawa Timur, didapuk untuk memandu dan memeriahkan acara dengan guyonan-guyonan segar mereka.

Tiket festival jazz tersebut dijual dengan harga-harga Rp 250.000 hingga Rp 1.500.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com