Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewa Budjana Kumpulkan Gitar Musisi Terkenal Amerika untuk Museum

Kompas.com - 26/01/2015, 10:46 WIB


NEW YORK, KOMPAS.com
- Selain promosi dan menggarap dua album terbarunya di Amerika Serikat, gitaris Dewa Budjana juga mempunyai misi yang lain. Ia tengah mengumpulkan gitar dari para musisi terkenal untuk disimpan di museum gitar yang sedang dibangun di Ubud, Bali.

"Jadi perjalanan ini saya sekalian mengumpulkan dari musisi-musisi Amerika, gitar-gitar dari mereka. Saya datangi mereka, minta tanda tangan, minta fotonya untuk dipajang di museum saya nanti, selain juga koleksi pribadi sama gitaris-gitaris Indonesia tentunya,” jelas gitaris Dewa Budjana baru-baru ini.

Untuk perjalanan kali ini, Budjana berencana untuk bertemu dengan sembilan gitaris, beberapa di antaranya adalah gitaris kelompok TOTO, Steve Lukather, dan mantan gitaris kelompok Red Hot Chili Peppers, John Frusciante, yang mengaku sangat menyukai album "Surya Namaskar" milik Budjana.

"Mereka mau mengundang ke rumahnya. Bahkan Frusciante yang tertutup dengan baik mengajak ke rumahnya," kata musisi yang membeli gitar pertamanya sewaktu berumur 11 tahun ini.

Melalui situs webnya dijelaskan bahwa museum "Gitarku" ini dibangun atas dasar kecintaan Budjana akan gitar. Melalui museum "Gitarku" ini Budjana berharap agar generasi mendatang bisa mengenal para gitaris hebat dari sepanjang zaman.

Selain musisi internasional, museum "Gitarku" ini juga akan memajang koleksi gitar milik musisi Indonesia seperti Chrisye, Rhoma Irama, Baim, Baron, dan Eross Candra.

"Nanti bisa dicek di www.museumgitarku.com," papar Budjana. Rencananya, museum "Gitarku" ini akan dibuka pada akhir tahun 2015 di Ubud, Bali.(Dhania Iman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com