Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hollywood Bersiap untuk Oscar 2015

Kompas.com - 20/02/2015, 12:05 WIB
BEVERLY HILLS, KOMPAS.com -- Hollywood bersiap-siap untuk Academy Awards atau Piala Oscar 2015, yang digelar di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California, AS, yang disiarkan jaringan televisi ABC pada Minggu (22/2/2015) waktu setempat, atau Senin (23/2/2015) mulai jam 05.00 WIB.

Film drama satir Birdman, menjadi unggulan untuk memborong perhelatan Piala Oscar ke-87 untuk kategori-kategori Aktor Terbaik berkat kebintangan aktor Michael Keaton, dan dua rekannya dalam film tersebut, Edward Norton dan Emma Stone yang juga dinominasikan sebagai Pemeran Pembantu Terbaik dalam film yang berkisah tentang film superhero yang ketenarannya mulai pudar dan mencoba untuk menghidupkan kembali kariernya di panggung Broadway.

Sutradara sekaligus penulis naskah Birdman dari Meksiko, Alejandro Inarritu, ikut menjadi kandidat utama untuk memenangkan Oscar dalam kategori Sutradara Terbaik. Richard Linklater pun diprediksi bakal menempel ketat Inarritu untuk kategori Sutradara Terbaik berkat karyanya, Boyhood, sebuah film yang diproduksi selama 12 tahun. Sedangkan Ethan Hawke dan Patricia Arquette dinominasikan untuk Oscar untuk peran mereka sebagai orangtua dua anak yang tumbuh dan masuk ke usia remaja.

The Imitation Game yang merupakan karya sineas Norwegia, Morten Tyldum juga mendapatkan banyak nominasi Oscar. Tak cuma itu, aktor Benedict Cumberbatch yang memerankan pemecah kode Perang Dunia II, Alan Turing, ikut difavoritkan akan memperebutkan Oscar untuk kategori aktor terbaik. Film ini diangkat dari kisah nyata orang-orang yang memecahkan kode rahasia Jerman yang disebut "Enigma".

The Imitation Game juga mengirim delegasi lainnya, yakni artis peran Keira Knightley yang bersaing untuk memenangkan Oscar untuk Pemeran Pembantu Terbaik. Kandidat film lainnya adalah The Grand Budapest Hotel, film komedi hasil arahan sutradara Wes Anderson.

Film tentang perang Irak, American Sniper tak ketinggalan menjadi unggulan setelah mendapatkan nominasi Oscar untuk aktor Bradley Cooper. Sedangkan film tentang uang, kegilaan dan aspirasi Olimpiade, Foxcatcher, juga mendapatkan nominasi untuk Steve Carell dan Mark Ruffalo.

Aktris Julianne Moore mendapatkan nominasi untuk Pemeran Perempuan Terbaik berkat penampilannya dalam film Still Alice tentang seorang perempuan yang menunjukkan gejala awal penyakit Alzheimer. Di kategori ini, Marion Cotillard ikut mendapatkan nominasi Pemeran Perempuan Terbaik lewat perannya dalam film drama Two Days, One Night, dan Rosamund Pike untuk film Gone Girl.

Persaingan kian panas setelah Reese Witherspoon dan Laura Dern juga mendapatkan nominasi untuk film Wild yang diangkat dari kisah nyata perjalanan seorang perempuan untuk sembuh dan menemukan jati dirinya.

Salah satu nominasi film berbahasa asing adalah Leviathan tentang korupsi dari Rusia dan film Timbuktu, yang juga diangkat dari kejadian sebenarnya di Mali Utara di bawah kekuasaan jihadis yang represif pada tahun 2012.

Film Virunga termasuk salah satu nominasi untuk film fitur dokumenter. Film itu menyoroti upaya-upaya heroik untuk menyelamatkan gorilla gunung di taman nasional di Republik Demokratik Congo.

Dunia akan memusatkan perhatiannya ke Hollywood pada hari Minggu (22/2/2015) ketika para pemenang diumumkan di upacara penyerahan Oscar di Dolby Theatre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com