Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Livi Zheng Jaga Tradisi

Kompas.com - 21/02/2015, 18:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi Livi Zheng, sutradara asal Indonesia yang berkiprah di Hollywood, perayaan Imlek selalu mengingatkannya pada keluarga dengan berbagai tradisi yang terus dijaga.

"Budaya yang selalu kami jaga setiap pagi di awal tahun baru Imlek adalah selalu mengucapkan selamat tahun baru kepada orangtua, nenek, dan saudara-saudara. Biasanya kalau lagi di Indonesia selalu kumpul dan makan bersama keluarga," ujar Livi yang dihubungi dari Jakarta, Kamis (19/2).

Seperti kebanyakan anak, Imlek mengingatkan Livi saat kecil di Indonesia. "Saat yang dinanti-nanti adalah saat dikasih angpao oleh orangtua dan keluarga yang lebih tua. Tapi sekarang udah enggak lagi," ujar Livi.

Tumbuh sebagai anak dan menjadi remaja di Blitar dan Jakarta, Livi melanjutkan studi dan upayanya menjadi atlet wushu di Beijing. Selesai sekolah di Beijing, Livi melanjutkan kuliah di Los Angeles, Amerika Serikat. Niatnya menjadi ekonom berubah saat stuntwomen di Hollywood ini mengambil master film production. Dari ilmu itu, Livi saat ini bergelut di Hollywood sebagai sutradara. Debut filmnya adalah Brush with Danger yang rilis akhir tahun 2014.

"Saat di Beijing, saya sempat bisa pulang ke Indonesia saat Imlek karena di Beijing libur cukup panjang. Sekarang di Los Angeles enggak bisa pulang karena bukan hari libur," ujar Livi yang merindukan Indonesia. (INU)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com