Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nino "RAN" Belajar dari Proyek Sampingan

Kompas.com - 20/03/2015, 15:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Nino Kayam diam-diam punya proyek sampingan di luar trio RAN yang dihuninya bersama Rayie dan Asta. Dia mengatakan, proyek yang dikerjakannya ini justru bisa menjadi kesempatan untuk belajar menghasilkan karya-karya baru.

"Ini men-support banget, malah memancing terus berkarya. Berasa banget sih perubahannya," kata Nino dalam wawancara usai peluncuran buku Turn On the Radio, di Beezy Kaffe, Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/3/2015).

Rupanya, Nino menggarap sebuah proyek bermusik bersama dua personil MALIQ & D'Essentials, Lale (gitar) dan Ilman (keyboard). Ketiganya mencipta lagu-lagu baru untuk menjadi single penyanyi kenamaan di Tanah Air. "Iya memang di luar RAN saya bekerja sama dengan Lale dan Ilman. Kami bikin lagu untuk penyanyi-penyanyi lain. Misalnya Vidi Aldiano, Rio Febrian, Maudy Ayunda," tutur Nino.

Proyek sampingan ini bermula dari kesamaan visi antara Nino dengan Lale dan Ilman. "Jadi waktu itu RAN sama MALIQ sama-sama lagi di Bali, dari situ kami ngobrol-ngobrol, terus ada kesamaan visi," ungkap Nino. "Terus mulai ada yang minta dibikinin lagu deh," tambahnya lalu tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com