Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilang Ramadhan: Slamet Abdul Sjukur, Guru Saya sejak Kecil

Kompas.com - 24/03/2015, 17:17 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kepergian komponis Slamet Abdul Sjukur (79) untuk selamanya pada Selasa (24/3/2015) pagi di Surabaya, Jawa Timur, membawa rasa kehilangan bagi drummer Gilang Ramadhan (51).

"Dari pagi tadi saya merasa kaget denger berita bahwa Om Slamet sudah meninggal. Saya merasa kehilangan," kata Gilang ketika diwawancara per telepon oleh Kompas.com pada Selasa (24/3/2015) sore.

Suami pembawa acara Shahnaz Haque ini kemudian mengungkapkan bahwa selama ini Slamet telah menjadi guru musik yang sangat akrab baginya.

"Saya beruntung sudah mengenal Om Slamet sejak saya kecil. Ayah saya juga akrab dengan beliau, jadi saya juga akrab dengan beliau. Sosoknya sudah kayak kakak, om, dan bapak bagi saya," tutur putra dari mendiang sastrawan Ramadhan KH ini.

Sewaktu Gilang masih kecil, ia memang sempat belajar musik di Perancis dan Slamet menjadi gurunya ketika itu.

"Bagi saya, dia adalah sosok guru. Kalau ada sesuatu hal idealis yang ingin saya tampilkan lewat musik, saya selalu diskusikan dengan beliau dan beliau yang membuat saya berani untuk membuat karya idealis itu," tuturnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com