Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedangdut dari Rusia Dilatih Guru Vokal Krisdayanti

Kompas.com - 10/04/2015, 14:06 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Alina Saraswati (28) adalah nama baru di belantika musik dangdut. Meski namanya sangat mirip dengan nama orang Indonesia, Alina sebenarnya seorang model dan artis peran asal Rusia yang memutuskan menjadi penyanyi dangdut di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, pendatang baru ini ternyata berlatih vokal dengan Catharina W Leimena, guru besar para diva Indonesia.

"Saya mulai basic training dengan Ibu Catharina Leimena," ungkap Alina yang terbata-bata menggunakan bahasa Indonesia saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015).

Catharina sendiri merupakan pelatih vokal kawakan yang pernah menempa vokalis pop Krisdayanti. Catharina juga sempat membimbing penyanyi muda Gita Gutawa.

Tak hanya dibimbing Catharina, Alina juga mengaku belajar vokal dengan juri Rising Star Indonesia yang juga jebolan German Idol, Millane Fernandez. Alina harus berlatih menyanyikan hampir lima lagu dangdut setiap harinya.

"Satu minggu lalu belajar sama Millane Fernandez. Dia ajari saya special breathing practice. Latihan di rumah tiap hari, lima lagu dangdut. Belajar cengkoknya. Nanti sama Mbak Uci Wibi (lady rocker era 1990-an)," tutur penggemar vokalis Syahrini tersebut.

Perempuan bernama lahir Alina Salimgareeva ini mengatakan, menjadi penyanyi dangdut di Indonesia adalah pengalaman pertamanya bernyanyi secara profesional. Namun, menurut dia, sedari kecil dia sudah gemar bernyanyi.

"Ini pertama kali menyanyi profesional. Waktu masih anak-anak, saya ambil sisir dan suka bernyanyi," ujar Alina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com