Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Macet, Daniel Mananta Gunakan "Audio Book" untuk Belajar Bahasa Jerman

Kompas.com - 22/04/2015, 03:01 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Daniel Mananta (33) mengaku kerap frustrasi dengan kemacetan di Jakarta. Untuk meredam rasa frustrasi, mantan Video Jockey MTV tersebut mengalihkannya dengan belajar melalui audio book, atau konten audio berupa rekaman dari isi buku yang dibacakan.

"Daripada frustrasi macet dan bengong di mobil, gue mendingan dengerin audio book," ucap Daniel dalam sebuah acara di Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (21/4/2015).

Menurut Daniel, dengan mengalihkannya ke audio book, dia tidak hanya lepas dari kejenuhan saat berkendara. Namun, secara tidak langsung Daniel mengaku dapat mengembangkan potensi dirinya. "Gue lakuin untuk membangun diri dan biar memotivasi," ucapnya.

Kuasai bahasa baru

Meski baru dua tahun terakhir melakukan kebiasaan tersebut, Daniel mengaku ketagihan dan ingin terus mendalami ilmu melalui audio book. "Gue belajar bahasa Jerman, juga dengerin audio book tentang leadership. Karena gue juga sedang membangun bisnis," kata Daniel.

Mengenai belajar bahasa Jerman, Daniel mengaku melakukan itu karena ingin menguasai beberapa bahasa asing. 

"Ini keinginan sendiri. Gue pengin mahir," kata dia.

Cara belajar dengan menggunakan audio book memang tidak konvensional. Hanya dengan menggunakan bantuan dari audio book yang diputar di tape mobil, Daniel berusaha mempelajari bahasa Jerman secara konsisten.

"Jadi pakai CD. Setiap menit gue lakukan apa pun untuk mengembangkan potensi gue," kata Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com