Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Mantovani Klarifikasi Tuduhan Jiplak Klip Video EXO

Kompas.com - 11/07/2015, 14:24 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Rizal Mantovani meluruskan anggapan miring mengenai dirinya yang disebut menjiplak konsep klip video "Mama" milik boyband dari Korea Selatan, EXO, untuk video musik lagu "Jatuh Cinta Tak Ada Logika" yang dinyanyikan grup The Freaks yang terdiri dari Aliando Syarief, Calvin Jeremy, Nikita Willy, dan Teuku Rassya. 

"Di sini letak kontroversinya, ini paling mirip. Ini pilar-pilarnya mirip," kata Rizal sambil menunjukkan potongan gambar salah satu adegan di klip video "Mama" milik EXO di Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Jumat (10/7/2015) malam.

"Tapi apakah cuma karena pilar-pilar ini jadi ngerusak? Padahal saya ambil (inspirasi) pilar garis-garis itu dari film Lord of The Ring," imbuhnya.

Lalu, ada lagi adegan yang dianggap mirip oleh penggemar boyband EXO. "Adegan-adegan pakai sinar. Padahal saya dapatnya dari Frozen, X-Men. Lagipula kami ada adegan layaknya padang pasir," tutur Rizal.

Secara teknis sutradara film Wewe ini bukan mengkhawatirkan tudingan bahwa dirinya telah menjiplak beberapa adegan dalam klip video Exo. Namun, Rizal megaku kurang nyaman jika Aliando akhirnya diolok-olok di media sosial karena tudingan itu.

"Saya enggak konsen sama ini sih, tapi soal bully. Pilar-pilar itu dipakai jadi celah akhirnya mereka di-bully. Tapi mereka akan jadi contoh. Di-bully tapi tetap tegar," kata Rizal.

Salah satu komentar miring itu mengaku tak senang karena klip video The Freaks memiliki beberapa kesamaan adegan dengan klip video boyband EXO.

"Maap buat fans Ali, cuma kesel aja idola kita exo diikutin sama artis gak bermutu kaya Ali suara pales modal ganteng aja wkwkwkwk," bunyi komentar tersebut pada akun Instagram milik Aliando.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com