Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Sukses Sutradara "Inside Out" Menggarap Film Animasi

Kompas.com - 06/08/2015, 23:21 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Peter Hans Docter (46) atau Pete Docter, tak segan untuk berbagi rahasia kesuksesannya dalam menggarap film animasi. Ia mengatakan, setiap film yang dibesutnya merupakan refleksi kehidupan manusia. Yang termutakhir, Pete menggarap film animasi Inside Out produksi Disney-Pixar.

"Semua film yang kami buat adalah refleksi dari kehidupan manusia terutama dari kami sendiri. Saya pikir saya banyak berkaca pada diri saya sendiri juga. Kami membuat film sebagai metafora yang simpel," kata Pete dalam jumpa pers Pixar Inside Out Southeast Asia Tour, di Djakarta Theater, Rabu (5/8/2015).

Pete Docter merupakan orang di balik layar yang sukses dengan film-film animasi pencetak box office dunia, antara lain Toy Story (1995) – penulis naskah, pimpinan animator; Geri's Game (1997) – animator; A Bug's Life (1998) – additional storyboard artist; Toy Story 2 (1999) – penulis naskah; Monsters, Inc. (2001) – sutradara, penulis naskah; WALL-E (2008) – penulis naskah; dan Monsters University (2013) – eksekutif produser.

Sementara menurut rekan Pete yang duduk sebagai asisten sutradara Inside Out, Ronnie del Carmen, membuat film animasi membutuhkan usaha yang keras serta komunikasi yang baik dalam sebuah tim.

"Kami mencoba semuanya sebelum mendapatkan hasil yang terbaik. Pada dasarnya, ini adalah sebuah kerja tim yang bagus," tuturnya.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, kedua pekerja film ternama tersebut juga akan berbagi ilmu dengan memeberikan edukasi inspiratif untuk para pekerja film lokal, blogger, influencer, serta mahasiswa terpilih dari beberapa sekolah desain dan animasi di Indonesia. Acara tersebut dilaksanakan di Universitas Bina Nusantara, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Inside Out merupakan film petualangan komedi yang menampilkan berbagai karakter emosi, yakni Joy (senang), Sadness (sedih), Fear (takut), Anger (marah), dan Disgust (jijik) yang bersama-sama membantu gadis berusia 11 tahun untuk melalui perubahan meresahkan dalam hidupnya.

Film tersebut telah tayang perdana di gedung-gedung bioskop AS pada 19 Juni 2015 lalu dengan meraih pendapatan fenomenal sebesar 92 juta dollar AS untuk sebuah film animasi orisinal. Di minggu ketiga penayangannya, Inside Out mampu menduduki peringkat nomor satu Box Office AS. Di Indonesia sendiri, Inside Out akan mulai tayang di biosko-bioskop mulai 19 Agustus 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com