Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Igor "Saykoji" Makin Sibuk di Belakang Layar

Kompas.com - 20/08/2015, 21:52 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Penyanyi rap sekaligus artis peran Ignatius Rosoinaya Penyami (32) atau lebih akrab disapa Igor "Saykoji", saat ini tengah asyik dengan kesibukan barunya sebagai seorang penggarap latar musik untuk film atau scoring film. Untuk proyek termutakhirnya, Igor menggarap scoring film Sunshine Becomes You yang dibintangi Herjunot Ali, Boy William, dan Nabilah "JKT48".

"Sekarang gue lagi fokus ngerjain scoring buat film judulnya Sunshine Becomes You. Sekarang lagi proses shooting sih filmnya, nah gue yang ngegarap scoring-nya," kata Igor dalam wawancara di kawasan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/8/2015).

Pria berkepala plontos tersebut menceritakan bagaimana ia akhirnya bisa merambah dunia scoring film.

"Awalnya karena gue juga main di beberapa film kan. Nah, produsernya waktu itu nawarin ke gue, 'mau enggak bikin scoring-nya?' Ya udah akhirnya aku mau. Terus dia kirim beberapa adegan dan gue bikin scoring-nya. Ternyata dia suka, ya udah lanjut sekalian ke film yang ini. Sunshine Becomes You ini adalah film ketiga yang gue garap scoringnya. Sebelumnya film horror semua yaitu Mal Klender dan Rumah Gurita," tutur Igor.

Bagi Igor, membuat scoring film sangat berbeda dengan proses ketika ia mencipta sebuah lagu karena membutuhkan diskusi dan kompromi dengan pihak film. "Kalau bikin lagu sendiri kan itu ego kita, nah kalau di sini harus kompromi sama pihak film juga. Kalau di sini kan kita harus baca script filmnya juga. Jadi, harus menyesuaikan. Jadi ya kompromi dan juga revisi," tuturnya lalu tertawa.

Meski begitu, Igor ternyata telah memiliki tim yang bisa diandalkan dalam pembuatan scoring film. "Gue kumpulin teman-teman yang bisa main instrumen buat garap scoring film ini, jadi bisa dikatakan ini semacam tim kecil gitu. Tapi, gue sendiri yang nge-direct ini gitarnya harus gimana, suara keyboardnya juga harus gimana karena harus menyesuaikan script film juga," ujar Igor.

"Pokoknya harus fokus banget kalau ngerjain scoring gini," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com