Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartunis dan Komikus Indonesia Bergerak Melawan Kabut Asap

Kompas.com - 08/09/2015, 20:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sejumlah kartunis dan komikus dari berbagai wilayah di Indonesia beramai-ramai melakukan aksi #masihmelawanasap melalui karya-karya mereka di media sosial.

Salah seorang kartunis dari Riau, Dhany Pramata (23), mengatakan bahwa aksi solidaritas itu berawal dari keprihatinan mereka akan kabut asap yang semakin tebal menyelimuti wilayah Provinsi Jambi dan Provinsi Riau, akibat kebakaran hutan dan lahan di sana sejak kira-kira dua bulan lalu. Udara di sana pun menjadi tidak sehat.

"Di grup ada temen-temen kartunis dan komikus se-Indonesia. Saya kan di Riau, teman-teman banyak yang nanya, saya jelasin kalau asapnya parah, mereka prihatin. Setelah itu, mereka bilang, 'Gimana Bang kalau kita buat gerakan #masihmelawanasap.' Aku apresiasi. Mulainya baru minggu ini," jelasnya kepada Kompas.com melalui telepon, Selasa (8/9/2015).

Berbagai pesan disampaikan oleh para kartunis dan komikus itu--dari dukungan bagi para penduduk Riau dan Jambi yang terkepung kabut asap, hingga kritik dan harapan kepada pemerintah. Ada karya yang bergaya serius, ada pula yang berbumbu lelucon.

"Buat pemerintah juga, harapan kami lebih tegas, karena kabut asap ini agenda tahunan. Apalagi di Riau udah 18 tahun, masyarakat udah muak, kok terus-terusan dan makin parah. Apa solusinya? Ini suara dari komikus dan kartunis," tuturnya.

Dhany, sekaligus mewakili rekan-rekan kartunisnya, menyampaikan bahwa gerakan #masihmelawanasap itu akan berlanjut hingga masalah kebakaran hutan dn lahan bisa tertangani.

"Ini makin parah di Riau. Udah sebulan enggak lihat matahari. Selagi langit belum biru, ya masih tetap. Sampai kapan pun masih tetap. Teman-teman yang tidak merasakan kabut asap di daerahnya, juga buat kartun sebagai solidaritas dan keprihatinan serta dukungan buat masyarakat melalui karya seni," tuturnya lagi.

Dhany untuk kali pertama mengunggah karya #melawanasap pada akun Instagram-nya, @dhanypramata, pada 2012. Ia mengatakan, kini ia dan rekan-rekannya menggunakan kata "masih" karena kabut asap masih menyelimuti wilayah Jambi dan sekitarnya tahun ini, sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya.

Para kartunis dan komikus yang ikut aksi #masihmelawanasap pada Instagram, antara lain,  @komikazer, @jukihoki, @sebutsajaoloy, @bunbuthebunny, dan @mimisuratmy.

"Udah banyak komikus dan kartunis, ada ratusan kayaknya. Karya-karya mereka juga ratusan. Ini hari ketiga. Kalau karya pribadi, udah banyak, enggak kehitung," ucapnya.

Kompas TV Bandara Malikus di Aceh Ditutup, Akibat Kabut Asap
Kompas TV Keberangkatan Calon Haji Tertunda Akibat Kabut Asap
Kompas TV Darurat Asap, Presiden Copot Kepala BNPB
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com