Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sundari Soekotjo Terkenang "Sapu Tangan" Gesang

Kompas.com - 22/10/2015, 20:43 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Penyanyi keroncong kenamaan Sundari Soekotjo bercerita mengenai kenangannya akan bekerja sama dengan almarhum maestro kroncong Indonesia, Gesang untuk klip video lagu "Sapu Tangan" kira-kira 10 tahun lalu.

"Sepuluh tahun yang lalu, saya shooting video clip dengan Bapak Gesang. Di situ ada adegan saya berdialog dengan beliau. Shooting-nya di sungai Bengawan Solo, wkatu itu kami naik getek (perahu). Beliau megang sapu tangan asli yang menjadi inspirasi lagu itu," tutur Sundari dalam wawancara di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2015).

"Jadi, ternyata sapu tangan aslinya itu disimpan sama beliau di laci. Waktu itu yang mengambilkan cucunya," lanjutnya.

Kegiatan shooting ini membuat Sundari dapat mengenal lebih dalam sosok Gesang. Kata dia, Gesang merupakan figur yang sederhana dan rendah hati.

"Iya, beliau ini sangat rendah hati dan sederhana. Waktu itu, dia menyempatkan waktu untuk shooting dengan saya sampai kakinya harus dipegang ketika di getek itu," ungkapnya.

Selain itu, Sundari menilai Gesang sebagai tokoh musik yang mendukung generasi muda untuk melestarikan musik keroncong.

"Saya pernah menengok waktu beliau sakit. Beliau enggak mau tiduran. Beliau justru pakai batik dan sarung, menunggu saya di depan, di teras. Lalu, waktu saya adakan konser di Solo, beliau saya undang. Konsernya kan malam dan ternyata beliau sudah bersiap-siap sejak pukul lima sore khusus untuk menonton penampilan saya. Jadi, beliau itu sangat mendukung generasi berikutnya di musik keroncong," kenang Sundari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com