Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Leeteuk "SuJu" Ucapkan Assalamualaikum

Kompas.com - 23/10/2015, 22:26 WIB
Heru Margianto

Penulis


SEOUL, KOMPAS.com -- "Assalamualaikum. Terima kasih. Nama saya Leeteuk," demikian sepotong kalimat dalam bahasa Indonesia yang diucapkan salah seorang personel boyband Super Junior (SuJu) Leeteuk di hadapan rombongan wartawan dari sejumlah negara ASEAN di kantor SM Entertainment, Seoul, Korea Selatan, Senin (19/10/2015).
 
Setelah mengucapkan kalimat itu, Leeteuk tersipu dan tertawa sambil menutup mulutnya. Leeteuk mengucapkan sepotong kalimat itu menjawab pertanyaan apakah ia menguasai bahasa lain selain bahasa Korea.
 
"Memahami bahasa berbagai negara tempat para penggemar Super Junior berasal sangat penting. Tapi memang tidak mudah. Meski begitu, saya selalu berusaha untuk belajar," kata dia.
 
Indonesia adalah pasar penting buat SuJu. Penggemar Suju yang menyebut diri mereka ELF (Ever Lasting Friend) jumlahnya ribuan.
 
Empat konser solo yang mereka gelar nyaris setiap tahun sejak 2011, kecuali 2014, selalu penuh. Leeteuk mengapresiasi para ELF Indonesia yang disebutnya sangat passionate.
 
Mei tahun ini Suju  menggelar konser "Super Show 6" di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan.
 
Awal bulan ini,  Leeteuk dan Kangin kembali berkunjung ke Jakarta. Mereka hadir sebagai pembuka acara Korea Festival pada  1-4 Oktober lalu di Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Berikut wawancara eksklusif Kompas.com dengan Leeteuk:

Kompas Video Wawancara Kompas.com dengan Leeteuk Suju

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com