Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raline Shah: Dengan Mengenal Dia, Saya Lebih Maksimal Jalani Hidup Ini

Kompas.com - 01/12/2015, 13:08 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran dan model iklan Raline Shah (30) mengaku banyak menyerap pelajaran hidup dari teman-temannya yang menderita HIV/AIDS atau orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Saya rasa dengan mengenal dia (teman ODHA), saya lebih maksimal menjalani hidup ini. Karena saya sadar semua orang juga waktunya terbatas," ucapnya usai menghadiri acara Hari AIDS se-Dunia di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Minggu (29/11/2015).

Bergaul dengan teman yang ia kenal sejak bersekolah di Singapura, secara tak langsung membuat Raline sadar untuk hidup sebaik-baiknya. Menjalani kehidupan dengan hal-hal bermanfaat.

"Aku belajar banyak sisi positif kehidupan dia. Mereka punya waktu yang sedikit, jadi hidup semaksimal mungkin. Sisi positifinya dia masih bisa senyum, happy, masih olahraga suka lari. Menyebarkan apa yang dia pelajari dengan hidup yang singkat ini," ucap Raline.

"Filosofi hidup aku, 'Start where you are, do what you can, and use what you have'. Kita masih bisa berprestasi sebelum penyakit itu berkembang," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com