Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olivia Zalianty Kesulitan Baca "Doa dari Abad 1415"

Kompas.com - 29/12/2015, 21:22 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Olivia Zalianty (34) membacakan sebuah puisi karya sastrawan senior Akhudiat (69) yang berjudul "Doa dari Ajaran Sunan Drajat Abad 1415" dalam Malam Anugerah Federasi Teater Indonesia ke-10 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Senin (28/12/2015).

Kendati sudah terbiasa membaca puisi, pemain film Ma'rifat Cinta ini menilai puisi Akhudiat tersebut cukup pelik. Terutama pada bait yang berbahasa Jawa.

"Sulit, karena saya enggak bisa bahasa Jawa. Saya enggak ngerti, jadi saya tanya-tanya artinya apa," kata Olivia usai membacakan puisi karya Akhudiat, Senin malam.

Setelah paham maknanya, adik artis peran Marcella Zalianty ini mulai mengeksplorasi puisi itu. Olivia menggubah bait yang berbahasa Jawa tersebut menjadi senandung.

"Ini latihan sendiri. Sebenarnya saya baru dua hari lalu dikirimin puisinya. Persiapan baru kemarin malam," tuturnya.

Tantangan lainnya, ia harus mampu mengekspresikan puisi itu layaknya sebuah doa.

"Challenge-nya bacain puisi yang seperti doa. Puisi ini saya pilih sendiri karena maknanya saya suka. Pemahaman saya sendiri, puisi ini seperti memberikan pertolongan kepada semua orang dengan memberikan doa-doa yang baik. Cocok untuk masyarakat kita sekarang," kata Olivia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com