Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Usmar Ismail Award 2016, Insan Film Tak Perlu Daftarkan Karya

Kompas.com - 15/01/2016, 20:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Ketua Penyelenggara Usmar Ismail Award 2016, Adisurya Abdy, mengatakan bahwa insan film Indonesia tak perlu mendaftarkan karya-karya layar lebarnya agar bisa dinilai dalam ajang penghargaan perfilman tersebut.

"Usmar Ismail Award tidak buka pendaftaran," kata Adisurya dalam konferensi pers di gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2016) sore.

Adisurnya menjelaskan, dewan juri akan menilai semua film Indonesia yang sudah beredar di gedung bioskop Tanah Air. Syaratnya, film-film itu sudah tayang sejak Desember 2014 hingga Februari 2016.

"Kalau misalnya festival film lain membuka pendaftaran peserta. Tetapi kami tidak. Cuma menilai film yang sudah beredar," tuturnya.

Adapun dewan juri Usmar Ismail Award 2016 berasal dari para pewarta film yang akan ditentukan berdasarkan pengalaman dan kualitasnya.

"Pewarta film minimal pasti sudah nonton 70 persen dari film Indonesia yang beredar. Pasti mereka menjadi bagian dari premier film, soal bagaimana kalau ada film yang belum mereka nonton dan harus dinilai, kami ada mekanisme," ucapnya.

Usmar Ismail Award 2016 yang diselenggarakan oleh Yayasan Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail dan Forum Pewarta Film ini akan digelar pada Sabtu 2 April 2016 dan disiarkan salah satu stasiun televisi. Rencananya, malam penganugerahan penghargaan bakal digelar di Istana Bogor, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com