Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zoe Saldana Jadi Nina Simone, Kritik Berdatangan

Kompas.com - 04/03/2016, 17:13 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Foto promosi film Nina, yang bercerita tentang mendiang penyanyi jazz dunia Nina Simone (21 Februari 1933-21 April 2003), mendapat kritik.

Foto itu menampilkan aktris Zoe Saldana (37) dengan warna kulit yang dihitamkan.

Salah satu pesan pada Twitter mengatakan, "Mohon jangan pernah Anda sebut nama Nina. Sepanjang hidup Anda."

Sementara itu, pihak pengelola akun Twitter resmi Nina Simone menulis, "Semoga orang mulai memahami bahwa ini menyakitkan. Menyayat, memilukan, memuakkan, dan menghancurkan jiwa. Hal itu akan berlalu, namun saat ini..."

Saldana, yang berdarah Dominika dan Puerto Riko, menghadapi kritik setelah fotonya muncul sebagai pemeran penyanyi jazz terkenal itu, yang juga merupakan aktivis kulit hitam.

Pada foto promosi tersebut, bintang film Avatar itu mengenakan rambut palsu kribo dengan kulit yang dipastikan dibuat menjadi lebih hitam.

Ia sebenarnya terpilih memerankan Nina Simone setelah vokalis Mary J Blige memutuskan mundur karena jadwalnya yang penuh.

Namun, banyak yang berpendapat seharusnya bintang Amerika Serikat berkulit hitam yang lebih tepat menjadi pemeran Nina Simone.

Menurut putri Nina Simone, Lisa Simone Kelly, dalam sebuah pernyataan terbuka pada 2012 bahwa sebaiknya peraih trofi Oscar, Viola Davis, yang mendapat peran itu, atau Kimberly Elise.

Film drama dokumenter tentang Nina Simone tersebut akan memasukkan beberapa rekaman yang belum pernah didengar umum, arsip video, dan wawancara atas orang-orang yang dekat dengannya dalam rentang waktu tiga dekade.

Rencananya film itu akan diluncurkan pada 22 April 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com