Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Marshanda Kerap Tidur di Pasar atau Kuburan

Kompas.com - 28/03/2016, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga di kawasan Jalan Bangka IX, Mampang Prapatan, dan sekitarnya telah cukup lama mengenal sosok ayah artis peran Marshanda, Irwan Yusuf, sebagai gelandangan.

Menurut pengakuan sejumlah warga yang ditemui Antara News, Irwan kerap tidur di pinggir kios Pasar Baru, Mampang Prapatan, atau kuburan Gang Manggis.

"Sekitar seminggu lalu, saya pagi-pagi ke pasar masih lihat dia tidur depan kios. Dia pakai kaus perempuan, mungkin dikasih orang, ya," kata Keri, yang menempati bekas kamar kontrakan Irwan, Senin (28/3/2016).

Keri dan suaminya, Anwar, tinggal di bekas kamar kontrakan yang sebelumnya ditempati Irwan di Jalan Bangka IX, Gang Jawara Nomor 34, sejak 2014.

Sebelum menjadi gelandangan, menurut Anwar, Irwan tinggal di kamar kontrakan sempit itu sendirian. Kontrakan itu cukup kumuh. Jika ingin mandi, penghuni kontrakan menggunakan kamar mandi umum.

[Baca: Marshanda: Memang Benar Itu Papa]

Sementara itu, jalan masuk ke kontrakan seharga Rp 425.000 itu berupa gang sempit yang hanya bisa dilewati satu sepeda motor.

"Dia masih meninggalkan kulkas tiga pintu yang sekarang sudah rusak dan saya pakai untuk tempat pakaian. Dulu waktu awal saya ngontrak di sini, dia pernah main dan titip kulkasnya ini," tutur Anwar seraya menunjukkan kulkas tersebut.

Irwan hanya tinggal sekitar empat bulan. Menurut Sutarjo, sopir mikrolet yang telah 20 tahun tinggal di kontrakan tersebut, Irwan kerap tidur di teras kamar kontrakannya. Kemudian, ia diusir karena tidak membayar kontrakan.

"Dia tidak bayar kontrakan, terus diusir. Barang-barangnya ditinggal," ujar Tarjo.

Irwan tidak memiliki pekerjaan dan hidup sendiri. Namun, kata Tarjo, Irwan mengaku pernah memiliki istri lagi.

"Dia cerita, istrinya dan anaknya kabur mungkin karena dia begitu. Kadang diajak ngobrol nyambung, kadang enggak. Penampilannya juga kotor dan jarang mandi. Waktu masih ngontrak di sini, dia seringnya tidur di luar. Tapi dia orang baik," ungkap Tarjo.

Namun, Tarjo melanjutkan, Irwan sebelumnya tidak pernah mengemis.

"Dia enggak pernah ngemis. Dia selalu punya uang, tetapi tidak tahu dapat dari mana," ujarnya.

Kompas TV Sang Ayah Berkirim Pesan ke Marshanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com