Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Joey Alexander Bakal Sajikan Tata Suara yang Tak Lazim

Kompas.com - 22/04/2016, 08:00 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pianis jazz muda Indonesia, Joey Alexander (12), bakal menggelar konser "Pulang Kampung" di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, (22/5/2016) mendatang.

Penampilan Joey bersama pemain contra bass Dan Chmielinski dan drummer Jeff "Tain" Watts akan disajikan dengan tata suara yang jarang digunakan pada konser-konser lainnya.

"Ini enggak lazim di seluruh dunia. Enggak pernah dilakukan," tutur konseptor dan penata suara konser Joey, Irsan Wallad, dalam media gathering di iCanStudio, Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2016) malam.

Mengapa disebut tak lazim? Karena, secara teknis tata suara, konser tersebut tak akan menggunakan pengeras suara atau speaker besar berkapasitas 20.000 watt yang umumnya digantung di dekat panggung, melainkan memakai speaker kecil yang ukurannya hanya delapan inci.

Puluhan speaker itu akan disebar di delapan titik di seluruh ruangan konser. Tujuannya agar setiap penonton dapat mendengar suara yang alami dari pemainan piano Joey berpadu drum dan contra bass.

"Jadi kami akan sajikan sebuah konser yang big, live, dan akustik," kata Irsan.

"Kami kejar sound yang rata dan detail untuk mengisi seluruh ruangan, jadi bisa bener-bener dengarkan suara sama kayak mendengarkan CD. Perlu dicatat, ini the first jazz concert in HD sound design," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Joey dinominasikan dalam Grammy Awards 2016 untuk dua kategori, yakni Best Improvised Jazz Solo untuk lagu "Giant Step" dan Best Jazz Instrumental Album untuk album "My Favourite Things" yang diproduseri oleh Jason Olaine.

Bocah lelaki kelahiran Denpasar, Bali itu juga diberi dua kali kesempatan tampil dalam perhelatan musik bergengsi dunia itu.

Pertama, dalam Premiere Grammy Awards Ceremony 2016, pada Senin (15/2/2016) siang waktu setempat. Kedua, dalam pergelaran Grammy Awards 2016 di Staples Center, Los Angeles, California, AS, pada Senin malam waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com