Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Nugroho Diberi Penghargaan yang Sama dengan Leonardo DiCaprio

Kompas.com - 26/04/2016, 19:26 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara dan penulis skenario, Garin Nugroho, mendapatkan penghargaan yang sama dengan aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio, yakni Ordre des Arts et des Letters atau penghargaan bidang seni dan sastra.

Anugerah itu diberikan oleh Pemerintah Perancis di kediaman Duta Besar Perancis Corinne Breuze di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2016) pukul 18.30 WIB.

[Baca: Garin Nugroho Terima Penghargaan dari Pemerintah Perancis]

"Penghargaan ini juga pernah diberikan kepada tokoh dunia, seperti Leonardo DiCaprio dan Elton John. Jadi, itu penghargaan yang diberikan kepada tokoh-tokoh dunia," tutur Garin dalam wawancara di Institut Francais Indonesia (IFI), Selasa (26/4/2016) sore.

Namun, ada perbedaan antara penghargaan yang diterima DiCaprio dan Garin. Jika DiCaprio memperoleh medali Commandeur, Garin mendapatkan medali Chevalier atau ksatria.

Selain Garin, seniman Indonesia yang juga pernah dianugerahi Ordre des Arts et des Letters adalah Guruh Soekarnoputra.

"Saya sangat senang karena ini diberikan untuk peran di bidang seni dan sastra. Enggak nyangka bisa dapet. Mungkin karena banyak pekerjaan saya yang berhubungan dengan Perancis juga, tidak hanya film," ucapnya.

"Jadi, ini penghargaan kepada seseorang dalam jangka waktu panjang yang punya produktivitas besar. Perannya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Mereka menilai generasi baru sineas Indonesia lahir dari saya," tambah Garin.

Dalam keterangan tertulis kepada media, pihak Pemerintah Perancis menganugerahkan penghargaan itu kepada Garin karena pencapaiannya di bidang perfilman dan penulisan, yang memiliki sisi puitis serta mengandung pesan sosial dan politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com