Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan Tanpa Pasha, Ungu Harus Bekerja Keras

Kompas.com - 05/06/2016, 18:12 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menyambut bulan Ramadhan tanpa sang vokalis, Pasha, yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu, grup band Ungu mengaku harus bekerja lebih keras.

"Kesulitannya itu kami menggantikan posisinya Pasha. Latih-latih vokal sedikit. Buat kami ini tantangan berempat. Pendekatan sebagai vokalis," kata gitaris Ungu, Onci, di sela shooting video musik "Tanpa Hadirmu" di studi hall 41 Tendean, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2016).

"Sebenarnya lebih seru karena ada sesuatu yang harus dibuktikan. Mudah-mudahan hasilnya seperti yang kami bayangin. Eksistensi kami juga harus tetep dijaga," tambahnya.

Penyebabnya adalah mereka harus tampil dengan formasi baru, di mana mereka tinggal berempat dan Onci serta Enda (gitar) harus menggantikan posisi Pasha sebagai vokalis.

Maka, "pekerjaan rumah" untuk Ungu pada Ramadhan ini adalah bagaimana membuat para penggemar mereka terbiasa dengan konsep dua vokalis.

"Kali ini misinya lebih serius memperkenalkan ke temen-temen bahwa Ungu seperti ini. Dari situ baru bisa tentuin kiri atau kanan. Puasa kali ini fokusnya di promosi single plus format baru," timpal Makki (bass).

Enda menambahkan, sebenarnya dalam hal membuat musik mereka sudah terbiasa mengerjakannya berempat. Namun soal mengisi posisi vokalis, itu dinilainya cukup berat.

"Kemarin-kemarin juga kami berempat yang bikin musik, mungkin Mas Pasha tinggal nyanyi aja. Sekarang enggak ada dia, jadi kerjanya ekstra keras," ujar Enda.

"Gue main gitar, plus harus nyanyi juga sekarang. Bukan sembarang bernyanyi aja, kami harus memikirkan bernyanyi yang pas. Kami kan bukan vokalis," ucapnya.

Meski begitu, ia mengaku aktivitas band-nya nanti masih seperti biasa dan masih banyak tawaran tampil di berbagai acara.

"Mungkin kami manggung sudah buka puasa atau abis tarawih. Ngabuburit ada. Puasa kan tidak memengaruhi apapun," kata Enda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com