Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Ini Raline Shah Akan Mudik Keliling

Kompas.com - 03/07/2016, 15:01 WIB

KOMPAS - Punya banyak kampung halaman membuat artis Raline Shah (31) harus keliling ke sejumlah tempat ketika Lebaran. Namun, tahun ini, hari pertama Idul Fitri akan dihabiskannya di Jakarta. Baru setelah itu ia mudik.

”Mama saya dari Singapura, kakek saya dari Malaysia, papa saya dari Medan. Jadi, kalau pulang kampung, kadang-kadang saya ke Medan, kadang ke Kuala Lumpur atau Singapura. Karena saya tinggal di Jakarta, hari pertama Lebaran tahun ini, saya di Jakarta saja. Rencananya setelah itu baru ke Kuala Lumpur,” ungkap Raline yang menerima sumbangan Rp 200 juta untuk Yayasan Pembinaan Anak Cacat yang dikelola keluarganya dari kosmetik Wardah.

Tradisi berlebaran Raline sama saja dengan keluarga lain, yakni shalat Id, maaf-maafan, lalu makan ketupat. Tahun ini, Raline sempat merasakan puasa di negeri orang, yakni di Norwegia.

”Puasa hari pertama pas sudah di Norwegia, lamanya lebih dari 18 jam. Aduh, masya Allah, deh. Waktu ke belahan lebih utara, bisa ikut waktu Mekkah. Enggak jadi, deh, puasa 22 jam,” kata perempuan yang pernah bermain dalam film 5 Cm ini.

Raline mengagumi cara orang Norwegia menghabiskan liburan mereka, yakni pergi ke alam terbuka. Mereka mendaki gunung, memancing, berenang, lari, menyelam, atau bersampan.

”Alam kita sebenarnya lebih indah. Tapi, kalau liburan, sayangnya kita lebih sering ke mal,” kata Raline. (EKI)

----

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 3 Juli 2016, di halaman 16 dengan judul "Mudik Keliling".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com