Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daniel Mananta Rendah Hati

Kompas.com - 30/07/2016, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Daniel Mananta (35) mengungkapkan kegembiraannya bisa menjadi salah satu juri untuk serial kompetisi wirausaha muda kreatif The Big Start Indonesia. Serial yang digagas oleh Blibli.com bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif ini hanya akan ditayangkan di Youtube pada Agustus 2016.

"Selama ini, orang lebih mengenal saya sebagai presenter. Padahal, saya juga menjalankan bisnis pakaian Damn!I Love Indonesia sejak delapan tahun lalu. Melalui tayangan itu, saya bisa berbagi pengalaman jatuh bangun dalam menjalankan usaha," ujar Daniel seusai acara konferensi pers "The Amazing Race Asia-Wonderful Indonesia Special 2016", Kamis (28/7), di Jakarta.

Menurut dia, ada dua sikap penting yang jadi penentu kesuksesan berbisnis. Pertama, pola pikir tidak cepat puas. "Hal itu biasanya terjadi saat seseorang telah mencapai level kesuksesan tertentu. Tidak berani bermimpi merupakan kegagalan," ujar Daniel.

Kedua, seorang pengusaha muda perlu menjaga ego dan kerendahan hati untuk belajar dari siapa pun.

Dalam serial The Big Start Indonesia, Daniel tidak segan membagikan kiat sukses menjalankan bisnis di industri kreatif. Setidaknya ada tiga kunci meraih keberhasilan, yakni fokus, disiplin, dan rendah hati.

"Rendah hati itu tidak boleh dilupakan. Bagi saya, belajar itu tak lekang oleh waktu. Ketika sudah berada di puncak karier, manusia tetap harus belajar, yaitu mengontrol diri untuk selalu rendah hati," ucap Daniel. (MED)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 30 Juli 2016, di halaman 32 dengan judul "Rendah Hati".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com