Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian: Saya Lumayan Keras

Kompas.com - 23/09/2016, 21:38 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Reza Rahadian (29) mengaku melakukan seleksi secara lumayan ketat sebagai salah satu juri dalam Komite Seleksi, yang digagas oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI).

Komite yang beranggota 13 orang profesional Indonesia di bidang film itu bertugas memilih film untuk didaftarkan ikut seleksi masuk nominasi kategori Film Berbahasa Asing atau Foreign Language Film dalam Academy Awards atau Piala Oscar 2017.

"Kami sepakat, karena saya lumayan keras untuk bilang bahwa ini harus semua film Indonesia," kata Reza dalam jumpa pers di Lounge Plaza Indonesia XXI, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016).

Komite Seleksi mengumpulkan film-film Indonesia dan menyeleksinya untuk didaftarkan ke pihak penyelenggara Piala Oscar 2017.

"Kami kumpulkan film-film dan tidak dibuka pendaftaran," katanya lagi.

Dalam seleksi itu, Surat dari Praha, karya Angga Dwimas Sasongko, yang mereka pilih dan daftarkan untuk ikut seleksi masuk nominasi Piala Oscar 2017.

Reza mengungkapkan pula bahwa ia mau terlibat menjadi panitia ajang perfilman nasional.

"Mulai gelisah," ujarnya.

"Karena, gue melihat, oke lo adalah aktor film, harus berkontribusi terhadap negara. Tapi, ada yang lebih penting lagi ketika lo ingin perubahan," ucapnya.

"Lo jangan berkoar-koar doang, lo jangan cuma bisa ngomong besar doang, di mana-mana teriak, tapi lo enggak terjun langsung, hanya protes. Ya, lebih baik lo kerjain langsung dong. Lebih baik. Sesederhana itu," ucapnya lagi.

Karena itu, Reza ingin memiliki peran besar daripada hanya menjadi kritikus.

"Lo harus memperbaiki yang lo anggap selama ini enggak pantas. Itu yang mendorong gue untuk terlibat di dalam," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com