Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Aldi Taher Harus Selalu Memakai Masker

Kompas.com - 31/10/2016, 18:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Aldi Taher kini harus mengenakan masker untuk menutupi hidungnya ke mana pun ia pergi.

Hal ini lantaran kekebalan tubuh atau imunitasnya menurun usai menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker getah bening.

"Sekarang kalau ke mana-mana harus pakai masker karena efek kemo jadi imunitas turun. Daya tahan rentan," kata Aldi usai menjadi bintang tamu program bincang-bincang di studio TransTV, Jakarta Selatan, Senin (31/10/2016).

Ditambah lagi, ia menjadi mudah lelah dan nafsu makannya juga berkurang.

Karena itu, selain memproteksi diri dengan masker, Aldi juga dianjurkan oleh dokter untuk banyak mengonsumsi buah-buahan serta istirahat yang cukup.

"Kata dokter, kalau engga terlalu capek, enggak apa-apa beraktivitas. Tapi harus banyak konsumsi buah dan sayuran, jaga kondisi tubuh buat kemo berikutnya," ucap Aldi.

Dua pekan lagi, Aldi harus menjalani kemoterapi yang ketiga. Lalu berlanjut secara rutin hingga kemoterapi keenam.

"Enggak boleh tidur kemaleman.  Istirahat yang cukup. Terus kata dokter makan itu harus pakai bismillah, bukan ngikutin nafsu. Biar ada nutrisi, biar enggak nge-drop, harus makan terus. Karena kalau nge-drop enggak boleh kemo," ujar Aldi.

"Insya Allah tetap semangat, Aldi juga bakal banyak berjuang," tambahnya.

Aldi didiagnosis mengidap kanter kelenjar getah bening stadium tiga bulan lalu. Ia harus menjalani enam kali kemoterapi, masing-masing setiap tiga pekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com