Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Band Asal Swedia Ramaikan Banyuwangi Internasional Metal Festival

Kompas.com - 19/11/2016, 14:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Banyuwangi Internasional Metal Festival yang di gelar di Stadion Diponegoro Sabtu (19/11/2016) menghadirkan band metal kelas dunia asal Swedia "Deranged Band".

Kepada Kompas.com, Arya, panitia penyelanggara menjelaskan festival musik metal sudah digelar sejak 2008, namun baru tahun ini mengundang band dari luar negeri.

Untuk tahun ini ada 12 band yang akan tampil antara lain berasal dari Jogyakarta, Bali, Surabaya, Tuban, Kediri dan kota-kota lainnya.

"Untuk tahun kemarin ada sekitar 2.000 orang yang hadir dan tahun ini dengan menghadirkan Deranged Band diperkirakan yang datang sampai 5.000 orang dari Jawa dan Bali," jelas Arya.

Deranged Band sendiri digawangi oleh Richard Wermer, Andreas Johansson dan Thomas Ahlgren. Mereka sudah mengeluarkan sembilan album, termasuk yang terakhir baru dirilis pada Oktober 2016.

Richard Wermer mengatakan bahwa Banyuwangi adalah kota kedua yang mereka datangi di Indonesia. Sebelumnya mereka pernah manggung di Solo tiga tahun lalu.

Ia mengaku tidak mempermasalahkan akan bernyanyi di mana saja, termasuk di Banyuwangi. Menurutnya justru festival-festival musik yang besar berasal dari kota-kota kecil.

"Tidak penting besar atau kecil acaranya. Saat kami diundang menyanyi maka kami akan menyanyi. Lirik lirik lagu kami menceritakaan keadaan sosial tidak ada hubungannya dengan politik dan agama," jelas Richard.

Selain di Banyuwangi, Deranged Band sudah manggung di Eropa, Rusia, dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com