Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artika Sari Devi Berbagi Kiat Membuat Anak Disiplin Sikat Gigi

Kompas.com - 29/11/2016, 19:40 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Artis sekaligus Puteri Indonesia 2004 Artika Sari Devi Kusmayadi punya cara mendisiplinkan anaknya agar mau sikat gigi secara teratur. Salah satunya adalah dengan mengajak sikat gigi bersama.

"Daripada kita meminta, lebih baik kita terlibat," katanya dalam Penutupan Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2016 di Universitas Brawijaya, Malang, Senin (28/11/2016).

Artika menikah dengan artis musik Ibrahim Imran (Baim) pada 2008 lalu dan sudah memiliki dua orang anak, yakni Sarah Ebiela Ibrahim (Abbey) yang masih berusia tujuh tahun dan Dayana Zoelie Ibrahim (Zoe) yang masih berusia tiga tahun.

"Abbey sudah terbiasa melakukan sikat gigi sehari dua kali. Bahkan tidak jarang dia yang sering mengingatkan bapaknya," katanya.

Artika mengakui bahwa membuat kedua anaknya itu disiplin sikat gigi tidaklah mudah. Apalagi melakukan sikat gigi di waktu yang tepat, yakni pada pagi hari sesudah sarapan dan malam sebelum tidur.

"Biasanya untuk mendisiplinkan mereka itu kendalanya ngantuk dan malas. Makanya lebih baik diajak sikat gigi saat menuju jam tidur, itu kayaknya lebih efektif," ungkapnya.

Menjaga anak untuk selalu sikat gigi di waktu yang tepat menjadi keharusan bagi Artika. Bahkan jika ia sedang bepergian, ia selalu menitipkan kepada orang yang ada di rumahnya untuk mengajak anaknya sikat gigi.

"Biasanya saya titip ke Abbey. Abbey jangan lupa nanti sebelum tidur adik diajak sikat gigi, selalu begitu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com