Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wasiat yang Harus Dijalankan Ruben Onsu

Kompas.com - 01/02/2017, 18:29 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada sebuah wasiat yang diamanahkan oleh ayah artis komedi Ruben Onsu, Johannes Abraham Onsu, kepada putra pertamanya itu sebelum meninggal dunia.

"Saya cuma disuruh jadi ayah untuk adik saya, harus bisa jaga amanah," kata Ruben dengan mata sembab seusai pemakaman ayahnya di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (1/2/2017). 

Namun, suami penyanyi Sarwendah Tan ini belum bisa membayangkan bagaimana ia menggantikan posisi sang ayah dalam keluarga, apakah ia mampu menjalankan amanah itu atau tidak. Pasalnya, Ruben sendiri mengaku masih merasa berat merelakan kepergian ayahnya.

"Sampai sekarang masih bertanya-tanya, apa bisa jadi orangtua untuk adik saya? Kok cepet banget papa kasih tugas ini tanpa dijelaskan harus seperti apa dan gimana? Saya masih enggak tahu berbuat apa," ujarnya.

Johanes, bagi Ruben, adalah figur orangtua yang hebat dan luar biasa, selalu mengajarkan kebaikan dan memberinya nasihat bijak.

"Beliau ajarkan sabar dengan senyum, jangan balas apa pun yang dilakukan orang. Nasihat itu yang saya ingat. Papa penyayang dan perhatian. Sekarang udah enggak ada papa," kata Ruben seraya menahan haru.

"Saya hanya bisa menenangkan, ingetin dia (Ruben) harus tetap makan karena kalau sakit enggak bisa lagi jagain adiknya," kata Sarwendah.

Ayah Ruben mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Perta Medika, Sentul, Jawa Barat, Minggu (29/1/2017) pukul 21.10 WIB. Ia sempat dirawat karena penyakit komplikasi ginjal, tifus, dan jantung selama sepekan lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com