Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tompi Bertukar Energi Positif dengan Penonton

Kompas.com - 14/02/2017, 15:48 WIB
Irfan Maullana

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Tompi tak memungkiri bahwa peran penonton penampilannya memiliki peran penting.

Misalnya, ketika tampil bersama band pengiringnya di atas panggung Mocosik Festival 2017 di Jogja Expo Center, Senin (13/2/2017) malam, Tompi semakin asyik berimprovisasi berkat antusiasme penonton.

"Buat saya penonton itu penting banget. Kalau mereka energinya besar ya kita bakal enak mainnya. Kalau enggak ya kayak motor enggak ada bensinnya," kata Tompi dalam wawancara usai tampil.

Bukan tanpa alasan Tompi mengatakan demikian. Di setiap panggung, aransemen lagu yang dinyanyikannya bisa berubah sesuai dengan energi yang disalurkan penonton.

"Saya latihan terakhir udah agak lama. Kami latihan tuh latihan band lebih ke latihan komunikasi, gimana nyambungin emosinya. Seringkali aransemen itu berubah sesuai mood dan energi dari penonton," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam setiap penampilan ia selalu mencoba melihat dan memahami situasi para penonton agar energinya juga tersalurkan kepada penonton.

"Sebenernya nonton konser kan enggak harus teriak-teriak kan dari awal sampai akhir. Tetapi, bagaimana kita ajak untuk menikmati lagu secara utuh," jelas Tompi.

"Kalau lagunya sedih ya gimana caranya semua bisa merasakan. Kalau lagunya up beat ya bagaimana mereka kita ajak lompat-lompat," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com