Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Tommy Page

Kompas.com - 05/03/2017, 12:06 WIB

KOMPAS.com - Tommy Page meninggal dunia pada Jumat (3/3/2017), yang menurut beberapa sumber, penyanyi 46 tahun ini tutup usia akibat bunuh diri.

[Baca: Penyanyi Tommy Page Meninggal Dunia, Diduga Bunuh Diri]

Pria bernama lengkap Thomas Alden Page itu lahir di New Jersey, Amerika Serikat, pada 24 Mei 1970. Dia mulai bermain piano pada usia delapan tahun dan belajar kibor pada umur 12 tahun, dan bergabung dengan saudaranya dalam sebuah grup musik.

Menurut laman Billboard, setelah lulus SMA, Page pindah ke New York City dan bekerja sdi sebuah klub bernama Nell’s.

Selama itu, ia belajar bisnis di New York University dan juga memproduksi serta merekam lagi “Turning Me On”, mempromosikannya kepada DJ di sekitar kota tersebut.

Setahun bekerja di Nell’s, Page berkesempatan bertemu dengan produser penyanyi Madonna, Mark Kamins, dan presiden Sire Records, Seymour Stein. Pertemuan itu menjadi tiket Tommy Page menuju ketenaran.

Pada tahun yang sama, ia melakukan debut album yang mendapat sambutan di kawasan Asia lewat lagu “A Shoulder to Cry On”, meskipun dengungnya tidak terlalu terasa di Amerika Utara.

Keberuntungan kembali menghinggapi Page dua tahun kemudian saat menumpangi limosin yang sama dengan anggota New Kids on the Block, dan Donnie Wahlberg memberikannya sebuah lagu.

[Baca: Musisi Tommy Page Meninggal Dunia]

Hasilnya, selain menjadi penyanyi pembuka dalam tur Step By Step mereka, Page juga berhasil bertengger di urutan pertama Billboard dengan “I’ll Be Your Everything”.

Lagu dibawakan Page sebagai vokalis utama yang diharmonisasikan dengan Donnie Wahlberg, Jordan Knight dan Danny Wood. Lagu tersebut muncul dalam album keduanya Painting in My Mind. 

Ia kemudian tampil dalam beberapa acara bincang-bincang seperti Joan Rivers and Regis and Kathie Lee. Page juga muncul di setiap majalah remaja, dan melakukan tur dunia untuk album laris manis tersebut.

Warner Bros lantas mengirimnya kepada produser Mike Paley sebagai tamu dalam soundtrack Dick Tracey. Ia kemudian mengeluarkan single baru untuk Natal, dan meluncurkan album ketiga From the Hear.

Karena hasil penjualannya biasa-biasa saja, label musik Amerika menangguhkan Page. Ia dianggap sebagai 'one hit wonder'.

Berbeda dengan di Jepang, Page merilis album lagu-lagu baru bertajuk Friend to Rely On dan menjadi paket dengan hits terbesar untuk Warner Jepang, sebelum menuju Asian Pony Canyon Records dan merilis dua album, yakni Time pada 1994 dan Loving You pada 1996.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com