Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunto Aji: Yang Netral Saja, Jangan Bernada Menyerang

Kompas.com - 15/03/2017, 19:30 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Vokalis Kunto Aji mengingatkan agar selebritas pengguna media sosial untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mereka yang berkait dengan isu politik atau agama.

Jika salah sedikit, kata Kunto, ujung-ujungnya justru akan menjadi korban olok-olok netizen.

"Kalau mengungkapkan pendapat itu yang netral aja. Jangan bernada menyerang," ujar Kunto kepada awak media ketika menghadiri peluncuran singel OM PMR di NoName Cafe, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2017).

"Ini era digital. Bullying itu berpindah dari dunia nyata ke media sosial dan ternyata dampaknya ke dunia nyata lagi," lanjut dia.

Daripada menyatakan pendapat melalui media sosial, Kunto justru lebih suka melakukannya langsung dengan berkumpul dan bertatap muka.

"Kalau saya kalau ingin berpendapat habiskan di meja bundar atau kumpul dengan orang-orang yang kompeten. Itu lebih baik. Kalau pun mau unek-unek di akun yang bersifat pribadi, misalnya kayak Path, itukan bisa privasi," ujar dia.

Namun, Kunto tak akan mencegah mereka yang tetap ingin bercuap-cuap melalui media sosial.

"Ya saya hanya bisa mendoakan. Itu pilihan mereka. Itu pilihan mereka dan mereka tahu konsekuensinya ya dan mereka sudah bisa menghadapi. Saya lebih suka hidup damai," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com